√Lima Cara Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan

√Lima Cara Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan
detikinfo.megazio.com

detikinfo.megazio.com|| Bagi anda yang saat ini tengah mencari-cari informasi mengenai Cara Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan maka anda bisa menyimak pembahasan kami dibawah ini.

TIK memungkinkan siswa untuk memantau dan mengelola pembelajaran mereka sendiri, berpikir kritis dan kreatif, memecahkan masalah dunia nyata yang disimulasikan, bekerja secara kolaboratif, terlibat dalam pengambilan keputusan yang etis, dan mengadopsi perspektif global terhadap masalah dan ide.

Ini juga memberikan siswa dari daerah terpencil akses ke guru ahli dan sumber belajar, dan memberikan administrator dan pembuat kebijakan data dan keahlian yang mereka butuhkan untuk bekerja lebih efisien.

Namun, akses ke TIK di sekolah-sekolah di wilayah ini terbatas karena kendala infrastruktur, kurangnya investasi dan penelitian tentang penggunaan TIK dalam pendidikan, dan kurangnya kapasitas guru dan kepala sekolah untuk menggunakan TIK untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan pendidikan. sedang belajar.

Tantangan lainnya adalah kesetaraan, termasuk keadilan finansial, gender, dan ras dalam akses pendidikan. Di beberapa negara di Asia, banyak orang tua berpenghasilan menengah menyekolahkan anak mereka ke sekolah swasta, yang mengurangi dukungan untuk menjaga kualitas sekolah negeri.

Selain itu, masyarakat miskin, anak perempuan, dan anak-anak dari masyarakat yang terpinggirkan seperti kasta dan suku terkadang memiliki akses terbatas terhadap pendidikan berkualitas.

Efisiensi dan akuntabilitas juga perlu ditingkatkan. Ini termasuk meningkatkan rasio siswa-guru serta tingkat retensi dan putus sekolah.

Pendidikan yang diberikan juga harus relevan dengan kondisi sosial ekonomi, seperti keterampilan mencocokkan yang diajarkan dengan keterampilan yang dihargai oleh pasar global.

Baca juga

Lightroom Mod Apk Latest Version 2021

Lima Cara Menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan

  1. Mengambil pendekatan holistik terhadap pengembangan TIK dalam rencana dan kebijakan pendidikan. Ini termasuk dukungan untuk TIK di tingkat sekolah nasional dan individu. Ini termasuk langkah-langkah seperti melibatkan pemangku kepentingan pendidikan dalam cara mengintegrasikan keterampilan TIK dalam kurikulum, atau memanfaatkan guru untuk membantu mengembangkan rencana kebijakan.
  2. Membangun kapasitas guru, administrator dan pemimpin pendidikan lainnya untuk menggunakan dan mengintegrasikan TIK dalam sistem pendidikan. Pemimpin pendidikan harus diberikan kesempatan pengembangan profesional sehingga mereka dapat melibatkan guru dan bersama-sama menunjukkan komitmen bersama terhadap TIK dalam pendidikan.
    Bagikan praktik terbaik dan pelajaran yang dipetik di antara negara-negara di Asia, dan di antara sekolah-sekolah di dalam negeri. Akumulasi pengetahuan ini kemudian dapat digunakan untuk menginformasikan pengembangan cetak biru dan alat untuk lebih mendukung TIK dalam praktik pendidikan.
  3. Jalin kemitraan publik-swasta (KPS) dan kolaborasi dengan perguruan tinggi untuk mendatangkan keahlian teknis dan manajemen tambahan, serta sumber daya keuangan. ‘KPS Pendidikan’ menggabungkan kekuatan dan kemampuan kedua belah pihak untuk memastikan keberlanjutan dan skalabilitas TIK dalam inisiatif pendidikan. Pemerintah harus mendorong dan memfasilitasi kemitraan yang mencakup menarik investasi sektor swasta secara berkelanjutan, dan memanfaatkan keahlian dan sumber daya dari sektor swasta dan perguruan tinggi, dengan penekanan pada akses yang setara ke pendidikan berkualitas yang didukung TIK.
  4. Memobilisasi sumber daya untuk penelitian dan evaluasi TIK dalam pendidikan untuk memacu inovasi dan meningkatkan penggunaannya. Ini termasuk bekerja dengan perguruan tinggi untuk bertindak sebagai pusat penelitian. Pemerintah dapat menciptakan insentif untuk R&D pada penggunaan inovatif TIK dalam pendidikan, termasuk misalnya membuat perangkat lunak dan perangkat keras lebih terjangkau dan relevan bagi siswa. Studi evaluasi yang ketat tentang efektivitas TIK dapat memberikan pembenaran berbasis bukti untuk mengubah sektor pendidikan untuk merangkul TIK.
  5. TIK memberikan kesempatan kepada negara-negara di Asia dan Pasifik untuk mengubah praktik pengajaran, pembelajaran, dan manajemen di sekolah. Kebutuhan akan transformasi ini sangat mendesak, mengingat dunia yang semakin mengglobal di mana siswa dan guru sekarang hidup. Tanpa itu, sebagai lulusan masa depan mereka dapat berakhir sebagai bagian dari angkatan kerja yang tidak dapat memenuhi tuntutan abad ke-21.

#Lima #Cara #Menggunakan #Teknologi #Informasi #dan #Komunikasi #untuk #Pendidikan

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik