√Mengenal Apa Itu Kartu Kredit

√Mengenal Apa Itu Kartu Kredit
detikinfo.megazio.com

detikinfo.megazio.com|| Mengenal Apa Itu Kartu Debit: Kartu kredit adalah kartu plastik atau logam kecil yang dikeluarkan oleh perusahaan keuangan. Ini memungkinkan Anda melakukan pembelian dengan meminjam uang hingga batas yang ditentukan.

Pelajari lebih lanjut tentang kartu kredit, cara kerjanya, dan perbandingannya dengan kartu debit.

Apa Itu Kartu Kredit?

Kartu kredit memungkinkan Anda mengakses batas kredit yang diberikan oleh penerbit kartu kredit Anda. Batas kredit Anda adalah jumlah maksimum yang dapat Anda pinjam.

Alih-alih memberi Anda pinjaman penuh secara tunai, penerbit kartu mengizinkan Anda mengambil sebanyak mungkin batas kredit yang Anda inginkan pada waktu tertentu. Saat Anda melunasi apa yang telah Anda pinjam, Anda dapat meminjam lagi.

Baca juga:

Bagaimana Cara Kerja Kartu Kredit?

Untuk melakukan pembelian di pengecer bata-dan-mortir, Anda biasanya memasukkan kartu kredit ke pembaca kartu sehingga dapat membaca chip keamanan pada kartu.

Anda mungkin juga diminta untuk memasukkan kode pos penagihan Anda. Di pengecer online, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor kartu, tanggal kedaluwarsa, kode keamanan (biasanya terdapat di bagian belakang kartu), dan nama serta alamat penagihan Anda.

Saat Anda menggesek kartu kredit Anda untuk melakukan pembelian, terminal kartu kredit merchant menanyakan penerbit kartu kredit Anda apakah kartu tersebut valid dan memiliki cukup kredit yang tersedia.

Penerbit kartu kredit Anda kemudian mengirimkan kembali pesan yang menyatakan apakah transaksi tersebut disetujui atau ditolak. Jika disetujui, Anda siap melakukannya.

Jika tidak, Anda mungkin telah mencapai batas kartu kredit Anda atau kartu Anda mungkin telah dinonaktifkan karena dugaan aktivitas penipuan.

Ini tidak berarti identitas Anda telah dicuri; penerbit kartu dapat menonaktifkan kartu Anda dan menghubungi Anda jika Anda melakukan pembelian yang tidak biasa.

Bagaimana Jalur Kredit Anda Bekerja

Setiap kali Anda melakukan pembelian, kredit Anda yang tersedia turun sebesar jumlah tersebut. Jika Anda memiliki batas kredit $300 dan Anda melakukan pembelian $25, Anda akan memiliki kredit yang tersedia sebesar $275.

Anda akan berutang $25 kepada perusahaan kartu kredit. Jika Anda meminjam $50 lagi sebelum membayar kembali $25 yang Anda pinjam, Anda akan berutang total $75 kepada bank dan memiliki $225 dalam kredit yang tersedia.

Apa yang membuat kartu kredit berbeda dari pinjaman biasa adalah bahwa batas kredit Anda tersedia setelah membayar saldo.

Dengan asumsi Anda mulai dengan saldo nol, jika Anda membayar kembali $75 yang terutang pada tanggal jatuh tempo kartu kredit Anda, Anda akan memiliki $300 kredit yang tersedia lagi.

Anda dapat mengulangi proses pembelanjaan hingga batas kredit Anda dan melunasi saldo sesering yang Anda suka, asalkan Anda mematuhi ketentuan kartu kredit.

Anda dapat terus meminjam terhadap batas kredit Anda dari waktu ke waktu, itulah sebabnya kartu kredit disebut sebagai rekening bergulir atau rekening terbuka .

Cara Kerja Bunga Kartu Kredit

Penerbit kartu kredit memberi Anda waktu tertentu untuk membayar kembali seluruh jumlah yang telah Anda pinjam sebelum Anda dikenakan bunga. Jangka waktu sebelum bunga dibebankan disebut masa tenggang , yang biasanya antara 21 hari.

Jika Anda tidak melunasi seluruh saldo Anda sebelum akhir masa tenggang, biaya atau biaya keuangan akan ditambahkan ke saldo Anda. Biaya keuangan didasarkan pada tingkat bunga dan saldo terutang Anda.

Tingkat bunga adalah tingkat tahunan yang Anda bayar untuk meminjam uang pada kartu kredit Anda. Suku bunga umumnya didasarkan pada suku bunga pasar, riwayat kredit Anda dan jenis kartu kredit yang Anda miliki.

Cara Kerja Pembayaran Minimum Kartu Kredit

Untuk menghindari pembayaran bunga, Anda biasanya harus membayar saldo Anda secara penuh pada atau sebelum tanggal jatuh tempo.

Namun, penerbit kartu kredit biasanya tidak mengharuskan Anda untuk membayar kembali semua hutang Anda sekaligus. Anda harus membayar setidaknya pembayaran minimum sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda keterlambatan.

Penerbit kartu kredit berbeda-beda dalam hal bagaimana mereka menentukan saldo minimum Anda, tetapi Anda dapat menemukannya dalam persyaratan kartu kredit Anda.

Sangat penting untuk selalu membayar setidaknya jumlah minimum tepat waktu setiap bulan untuk menjaga riwayat kredit yang baik dan menghindari biaya keterlambatan.

Kartu Kredit vs. Kartu Debit

Sementara kartu kredit dan kartu debit terlihat identik, mereka berfungsi dengan cara yang sangat berbeda. Dengan kartu kredit, Anda meminjam uang dari penerbit kartu kredit.

Dengan kartu debit, Anda menggunakan uang dari rekening giro Anda untuk membayar pembelian. Untuk menggunakan kartu debit, Anda juga harus memasukkan PIN.

Anda juga dapat menggunakan kartu debit untuk mengambil uang tunai dari rekening giro Anda. Anda dapat melakukannya di ATM atau saat melakukan pembelian.

Beberapa kartu kredit memungkinkan Anda mengakses uang tunai dengan mengambil uang muka, tetapi transaksi ini cenderung memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada pembelian dan mungkin tidak memiliki masa tenggang. Dengan kata lain, Anda harus membayar bunga di muka.

Baca selengkapnya>>>

Gallery for Mengenal Apa Itu Kartu Kredit

#Mengenal #Apa #Itu #Kartu #Kredit

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik