11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin

11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin
page.redaksikerja

detikinfo.megazio.com-Ini dia 11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin yang dapat mempermudah proses pengolahan data. Pada umumnya setiap perusahan mewajibkan setiap kariawan atau admin perusahaan memiliki ke ahlian mengoprasikan Microsoft Excel.

Microsoft Excel adalah software untuk windows yang dirilis pada tahun 1987 yang merupakan sebuah prangkat lunak antar muka. Salah satu alat dimana mampu menganaliasa visual pada setiap data yang kuat .

Excel dirancang untuk mempermudah setiap lembar kerja agar lebih cepat dan akurat. Yanag mana terdapat sebuah rumus pada Excel yang bisa di tampilkan untuk mempercepat penjumlahan, menghitung rata-rata, dan menghitung suatu perbandingan data.

Bagi mahasiswa atau admin pada perusahaan mendengar software Excel memang sudah tidak asing lagi. Namun hanya sebagian kecil yang mengetahui terkait 11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin atau mahasiswa yang sering menggunkan menggunakan prangkat ini.

11 Rumus Dasar Microsoft Excel

  1. SUM

Rumus SUM adalah suatu penjumlahaan pada cell dan range tertentu. Yang bisa kalian gunakan untuk menjumlahkan suatu data base perusahan dari perangkat Excel.

Contoh =SUM ( cell pertama ysng ingin di jumlshsksm pada cell terakhir). SUM A1:A5

2. IF

Rumus IF Biasa di gunakan untuk melakuakn sebuah perbandingan data. Karena IF memeliki dua taksiaran hasil kriteria yang dicari seperti membandingak data salah dan data benar.

Contah dan rumusnya =IF (nilai yang di cari[jika nilai benar],jika nilai salah) =IF(C2=ya,1,2) mengatakan IF (C2=ya lalu lembalikan 2)

3. AVERAGE

Rumus AVERAGE di funakan untuk menghitung rata-rata, rumuis ini hampir sama dengan SUM dari cara pengoprasiannya.

Contoh dan rumusnya =AVERAGE(cellyang ingin di rata-rata:cell terakhir) =AVERAGE(A1:A5).

4.MAX

Rumus MAX di gunakan untuk menampilkan nilai data terbesar, rumus ini terbilang cukup sederhana dan mudah untuk di lakuakan.

Rumus dan contohnya =MAX(nilai pertama yang ingin di tampilkan:nilai terakhir yang ingin di tampilkan) =MAX (A1:A5).

5. MIN

Rumus MIN adalah suatu kebalikan dari rumus MAX guna menampilkan nilai terkecil dalam data dan caranya pun hampir sama dengan MAX.

Rumus dan contohnya =MIN(nilai pertama yang ingin di tampilkan:nilai terakhir yang ingin ditampilakan) =MIN(A1:A5).

6. COUNT

Rumus COUNT di gunkan untuk menghitung banyaknya cell pada range. Bentuknya hampir sama dengan rumus SUM,AVERAGE,MAX,dan MIN.

Rumus dan contohnya =COUNT(cell pertama:cell terakhir) =COUNT(A1:A5).

7. VLOOKUP

Rumus VOOLKUP di gunakan untuk menemukan berbagai hal dalam tabel atau menurut baris(vertikal). Misalnya, mencari suatu produk yang sesuai dengan harganya dan mencari karyawan dengan nomre IDnya.

Rumus dan contohnya =VLOOKUP(apa yang ingin di cari:diamna yang ingin mencarinya,kolom dalam tabel berisi nilai untuk di kembalikan. Mengembalikan hasil yang hampir sama sebagai 1/BENAR, atau 0/SALAH). =VLOOKUP (B3,B2,:E7,2 SALAH).

8. HLOOKUP

Rumus HLOOKUP di gunakan untuk mencari nilai di baris teratas pada tabel lalu mengembalikan nilai di kolom yang sama. Dari baris yang di tentukan dalam tabel atau array, bisa di katakan rumus ini guna untuk menemukan hal pada kolom (Horizontal)

Rumus dan contohnya =HLOOKUP(apa yang ingin di cari, dimana ingin mencarinya, nomor di kolom dalam rentang berisi nilai untuk di kembaliakan hampir sama yang di indikasikan 1/BENAR atau 0/SALAH) =COUNT(B,A1:C4,3,BENAR).

9. ROUND

Rumus ROUND di gunakan untuk membulatkan angka ke jumlah digit yang di tentukan. contoh mialkan sel A1 berisi angaka 23,78,25 dan ingin membulatkan angka tesebut di dua baris yang berbeda maka harus pakai rumus ini.

Contoh dan rumusnya =ROUND(cell.cell digit) =ROUNDE(A1, 2)

10. UPPER

Rumus UPPER di gunakan untuk mengubah teks dalam bentuk uppercase(huruf besar semua). Rumus dan contohnya berikut di bawah ini.

Contoh =ROUND(A1, 2) Rumus (cell, cell digit)

11. LOWER

Rumus LOWER adalah kebaliakan dari rumus UPPER yang mana di gunakan untuk merubah huruf teks menjadi kecil. Berikut di abwah ii adalah contoh dan rumusnya.

Contoh =LOWER(A2) rumus =(yang ingin di ubah ke teks kecil)

Akhir Kata

Demikian adalah ulasan terkiat 11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin. Semoga artikel ini bisa beranfaat untuk kalian yang mau menguasi Microsoft Excel sekian dan terimakasih.

Gallery for 11 Rumus Excel Yang Wajib Dikuasai Admin

#Rumus #Excel #Yang #Wajib #Dikuasai #Admin

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik