12 Tempat Wisata di Purwakarta yang Lagi Hits 2023 & Murah

Rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits. Ingin habiskan waktu libur akhir pekan atau libur panjang di Purwakarta? detikinfo.megazio.com akan memberikan referensi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits dan wajib untuk dikunjungi.

Purwakarta menjadi salah satu destina wisata yang bisa kamu kunjungi saat ke Jawa Barat. Wilayah yang didominasi dengan area perbukitan, Purwakarta menawarkan panorama alam dengan udara yang bersih dan sejuk.

Purwakarta mulai ramai diperbincangkan karena terdapat beberapa tempat wisata baru yang hits di kota tersebut. Destinasi wisata seperti Hidden Valley Hills, Hotel Gantung Gunung Parang, Giri  Tirta Kahuripan, hingga Sky Lodge tertinggi di dunia menjadi tujuan wisata banyak wisatawan.

tempat-wisata-di-purwakarta

Purwakarta menjadi destinasi alternatif wisata jika kamu bosan berlibur ke Bogor dan Bandung. Ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits yang akan diberikan oleh Ayovaksindinkeskdi. Simak ulasannya di bawah ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Murah untuk Keluarga

1. Hidden Valley Hills

hidden-valley-hills

Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata yang lagi hits di Purwakarta yang bisa dikunjungi. Hidden Valley Hills menyediakan fasilitas resort, villa, dan sky pool. Banyak spot foto yang Instagramable, tempat bersantai, dan berenang. Pemandangan yang disajikan pun menakjubkan, yakni panorama gunung parang, gunung cupu, hingga gunung lembu. Bendungan Jati Luhur juga terlihat jelas.

Kamu dijamin akan betah di Hidden Valley Hills dengan pemandangan, fasilitas, dan udara yang sejuk. Tempat ini berlokasi di Desa Cibodas, Sukatani, Purwakarta, Jawa Barat.

2. Bukit Katumbiri

bukit-katumbiri

Tempat wisata di Purwakarta ini baru dibuka pada tahun 2018. Bukit Katumbiri menyajikan pemandangan indah dengan panorama perbukitan hijau dan terasering,  dan udara yang masih sangat sejuk. Bukit Katumbiri ini disebut juga Bukit Pelangi, yang merupakan arti dari Katumbiri dalam bahasa Sundar yakni Pelangi.

Kamu bisa menikmati pemandangan, mengambil foto dari beberapa spot foto yang tersedia. Tiket masuk Bukit Katumbiri hanya Rp 10 ribu. Tempat ini berlokasi di Bukit Katumbir, Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat.

3. Desa Sajuta Batu

desa-sajuta-batu

Tempat wisata di Purwakarta ini dipenuhi dengan batu alam beragam ukuran dan tetap mempertahankan kebudayaan lokal. Desa ini terdapat wahana rekreasi, cagar budaya, dan kuliner. Kamu bisa melakukan aktivitas rock climbing, memancing, berkemah, pendakian gunung, hingga flying fox di desa ini. Desa Sajuta Batu berlokasi di Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat.

4. Curug Tilu

curug-tilu

Curug Tilu memang masih belum dikenal banyak orang. Namun hal itu lah yang menjadi daya tarik tempat wisata di Purwakarta ini. Tempat ini masih sangat terjaga sehingga kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih asli, dengan kontur bebatuan yang khas penggunungan.

Warna air Curug Tilu disebut mirip seperti Grand Canyon di Pangandaran. Kamu bisa berenang di air curug yang masih sangat jernih. Tersedia persewaan pelampung bagi kamu yang tidak pandai berenang. Harga tiket masuk Curug Tilu hanya Rp 5 ribu. Curug Tilu berlokasi di Desa Ciririp. Sukasari, Purwakarta, Jawa Barat.

5. Curug Cipurut

curug-cipurut

Tempat wisata di Purwakarta yang berlokasi di Kampung Cileungsing, Sumurugul, Wanayasa, Purwakarta ini juga masih jarang diketahui oleh orang banyak. Warga sekitar sengaja untuk meminimalisir fasilitas di Curug Cipurut dengan alasan agar tempat tersebut terjaga kealamiannya dan kelestariannya.

Kamu harus melewati perkampungan warga dan perkebunan teh dengan memakan waktu kurang lebih 20 menit. Terdapat tiga curug dengan ketinggian yang berbeda di satu area. Di tempat ini bisa melakukan aktivitas berkemah, berseluncur, dan menikmati percikan air terjun. Harga tiket masuknya hanya Rp 5 ribu untuk hari biasa dan Rp 20 ribu untuk hari libur.

6. Gunung Lembu

gunung-lembu

Jika ingin melihat pemandangan alam yang indah di atas ketinggian, kamu bisa mengunjungi Gunung Lembu. Namun kamu perlu sampai ke puncak Gunung Lembu yang melewati rute yang cukup sulit. Sehingga harus menyiapkan tenaga lebih untuk bisa sampai ke puncak.

Akan tetapi, lelahmu akan terbayarkan saat sudah di atas puncak dan melihat pemandangan yang sangat indah. Dianjurkan untuk mengunjungi Gunung Lembu saat sore hari, agar kamu bisa menikmati matahari terbenam yang sangat jelas terlihat dari puncak Gunung Lembu. Jika mendaki pada malam hari, kamu akan disuguhkan pemandangan city lights Purwakarta.

Tempat wisata di Purwakarta yakni gunung Lembu berlokasi di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Sukatani, Purwakarta.

7. Mata Air Cijanun

mata-air-cijanun

Di tempat wisata di Purwakarta ini kamu bisa bermain air dari sumber mata air alami yang akan memberikan efek segar. Ditambah dengan pemandangan alam yang indah di sekitarnya. Terdapat deretan perbukitan hijau dan bebatuan unik di sisi kolam mata air Cijanun. Sehingga bisa dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

Mata Air Cijanun berlokasi di Kampung Cijanun Lembangsari, Cipendeuy, Bojong, Purwakarta.

8. The Colorville at Alam Sari Wates

Tempat wisata di Purwakarta ini menjadi salah satu destina wisata hits di Purwakarta. Di sini tersedia fasilitas dan wahana permainan yang seru, mulai dari rumah pohon, flying fox, ATV, kolam renang, hingga spot foto yang Instagramable.

Objek wisata ini juga terdapat upside down room yang cocok untuk dijadikan spot foto menarik lainnya. The Colorville at Alam Sari Wates ini berlokasi di Jalan Raya Darangdan KM 21, Sawit Darangdan.

9. Pasir Langlang Panyawangan

pasi-langlang

Jika ingin mencari keheningan, ketenangan, dan kesegeran kamu bisa mengunjungi Pasir Langlang Panyawangan. Dijamin kamu akan betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di tempat wisata ini.

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah suasana hutan pinus yang teduh dan asri. Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di tempat ini, mulai dari bersantai, mengunjungi goa Jepang, menjelajahi hutan, mengeksplor Curug Pamonanan. Selain itu, kamu bisa camping, tracking, dan berburu spot foto.

Pasir Langlang Panyawangan berlokasi di Pasir Muncang, Kiarapedes, Purwakarta.

10. Skypool Giri Tirta Kahuripan

tempat-wisata-di-purwakarta

Tempat wisata ini menawarkan skypool yang akan memberikan pengalaman menakjubkan, disuguhi suasan alam yang indah seperti negeri di atas awan. Tempat ini bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan yang terdapat fasilitas restoran, hotel, dan fasilitas lain untuk aktivitas outbound.

Kamu bisa berenang sambil menikmati pemandangan alam Purwakarta dari ketinggian 500 mdpl. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa, Purwakarta.

11. Bukit Panenjoan

bukit-panenjoan

Tempat wisata ini terletak di Desa Sindang Panon, Bojong, Purwakarta. Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam berupa pegunungan yang indah dan tebing. Harga tiket masuknya dibanderol Rp 5 ribu per orang. Biaya parkirnya Rp 5 ribu untuk mobil dan Rp 3 ribu untuk motor.

12. Cikao Park

cikao-park

Cikao Park berlokasi di Jalan Raya Sukatani, Cisalada, Sukatani, Purwakarta. Objek wisata ini memberikan fasilitas seperti Taman Satwa, Water Park, Lampion Garden, hingga Rumah Ilusi. Harga tiket masuk yang ditawarkan yakni Rp 25 ribu – Rp 70 ribu per area wisata yang tersedia.

Demikian berita rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang lagi hits, bisa dikunjungi di libur akhir pekan atau libur panjang bersama keluarga atau orang terdekat.

Baca Juga:

You May Also Like

About the Author: detik