4 Cara memilih penyedia web hosting bagi pemula

4 Cara memilih penyedia web hosting bagi pemula
detikinfo.megazio.com

detikinfo.megazio.com – Pentingnya sebuah hosting yang diibaratkan menjadi ‘rumah’ bagi website yang anda miliki pada situs internet.

Banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih penyedia hosting. Ada trik tersendiri dan beberapa cara ini bisa dijadikan dasar untuk memilih web hosting unlimited terbaik.

Sebelumnya kita harus mengetahui kebutuhan ruang penyimpanan terlebih dahulu. Admin menyadari bahwa untuk mengetahui kebutuhan sendiri memang terkadang cukup sulit.

Kriteria Web Hosting Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa kriteria mungkin perlu anda perhatikan agar tidak salah memilih hosting, diantaranya adalah :

  • Speed/kecepatan – Perhatikan berbagai faktor yang mendukung performa server. Contohnya seperti bandwidth, storage, dan plugin optimasi kecepatan website.
  • Security/keamanan – Pastikan hosting yang dipilih dapat menjamin kemanan website kita. Contohnya melalui proteksi malware dan DDoS, serta gratis SSL.
  • Support/pendukung– Sebelum memilih layanan hosting pastikan bahwa layanan support yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Contohnya seperti 24/7 live chat, email, dan phone support, dll.
  • Scalability – Hosting yang dipilih seharusnya memudahkan kita untuk berkembang. seperti halnya, menawarkan paket-paket yang sesuai dengan kebutuhan website.

Pada dasarnya website membutuhkan jenis hosting dengan performa dan keamanan yang maksimal?

Jawabannya belum tentu juga sobat, contohnya, website yang jumlah trafficnya masih rendah – seperti personal blog – tentu tidak banyak membutuhkan sumber daya server yang berlebih.

Berikut ini admin share contoh jenis hosting yang sesuai dengan kebutuhan websitenya :

  • Shared hosting = Personal blog, artinya layanan hosting dimana sebuah account hosting diletakan bersama-sama dengan beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. salah satu keuntungan shared hosting yaitu harganya lebih murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik Dedicated Hosting.
  • Cloud Hosting = artinya adalah tipe web hosting yang menggunakan maca-macam server untuk memaksimalkan uptime. Fungsinya jika ada satu server yang gagal, maka server yang lain tidak akan terpengaruh, dan tetap berfungsi. Cloud Hosting biasanya digunakan website perusahaan, toko online, dan portal berita, dll.
  • VPS = Virtual Private Server (VPS) adalah server pribadi artinya bahwa keseluruhan resource-nya hanya digunakan oleh satu usersaja dan tidak dipengaruhi oleh user lain. biasanya digunakan website Ecommerce, website proyek, dan high-traffic blog.

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa cara memilih layanan hosting terbaik adalah dengan memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan website Anda.

5 Cara memilih penyedia web hosting

  1. Kualitas Performa Server

Sebelum memilih layanan hosting anda perlu memperhatikan spesifikasi server tersebut.

Spesifikasi server maksudnya adalah mencakup teknologi server, kecepatan dan jenis prosesor, kapasitas RAM, harddisk sudah SSD atau tidak, maupun network speed (semakin tinggi maka semakin baik kecepatan aksesnya).

2. Customer Support 24 Jam dan Berkualitas

Pilihlah Customer Support yang siap pelayanan hosting tersedia 24 jam. artinya, Customer Support selalu siap sedia kapanpun ketika kita membutuhkan bantuan teknis. Layanan maksimal lainya seperti  tiket bantuanemaillive chat, maupun panggilan telepon.

3. Harga Terjangkau dan Unlimited

Sebelum andamemilih layanan web hosting, pastikan dari sisi harga minimal kapasitas pelayanan yang maksimal.

Salah satu contohnya disini VPS (Virtual PrivateServer), Layanan VPS memiliki harga yang lebih tinggi daripada paket hosting unlimited. Mengapa? Karena Layanan VPS menawarkan spesifikasi teknis yang lebih memadai, sehingga performa yang dihasilkan berbanding lurus.

4. Perhatikan Review Pelanggan dan fitur tambahan

Sebelum memilih layanan penyedia web hosting ada baiknya Anda juga mempertimbangkan Review Pelanggan lain. Arrtinya kita perlu memperhatikan review dari pelanggan lain.

Anda juga perlu memperhatikan layanan fitur tambahan yang berkaitan dengan proteksi dan keamanan. contohnya, Anda memerlukan fitur SpamAssassin Protection serta SpamExperts. 

Fitur tersebut fungsinya akan membantu Anda mengatasi spam pada website yang kita urus dengan lebih mudah.

Penutup

Terimakasih sudah membaca artikel admin sampai selesai ya sob. Sementara dicukupkan dulu sampai disini terkait Cara memilih penyedia web hosting bagi pemula.

Selamat mencoba, dan semoga berhasil

#Cara #memilih #penyedia #web #hosting #bagi #pemula

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik