4 Publisher game terkenal dari Indonesia

4 Publisher game terkenal dari Indonesia
detikinfo.megazio.com

4 Publisher game terkenal dari Indonesia1

Redaksikerja.com – Apakah kamu sudah paham mengenai publisher game? Apakah kamu masih bingung perbedaan publisher dengan developer?

Jadi hingga saat ini masih banyak orang yang minim pengetahuian mengenai developer dan publisher game, hingga akhirnya mereka malah salah mengartikan antara kedua subjek ini.

Developer adalah tim yang membuat dan mengembangkan game sedangkan publisher adalah tim yang memasarkan game kepada gamer.

Pembagian tugas ini sangat membantu masing-masing pihak, karena dengan kerjasama semacam ini membuat pekerjaan mereka jadi lebih profesional dan tersederhanakan.

Tahukah kamu, di Indonesia terdapat beberapa publisher game terkenal yang malang melintang di dunia gamer Indonesia, berikut list publisher game terkenal dari Indonesia.

Gemscool

Meskipun sudah tutup, Gemscool merupakan publisher game online terpopuler pada tahun 2010 – 2014 dan akhirnya menutup layanannya pada Maret 2021.

Anak warnet pada masa itu selalu dimanjakan dengan game – game dari Gemscool yang sangat melegenda, yakni Point Blank dan Lost Saga.

Point Blank adalah game FPS yang mempertemukan antara teroris dan polisi untuk saling bertarung memenangkan pertandingan dalam beberapa mode.

Game Point Blank pernah menjadi game paling populer di Indonesia karena memiliki peminat yang sangat tinggi meskipun dimainkan di internet cafe atau warnet.

PB tidak membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi, sehingga warnet tidak merasa keberatan ketika memiliki kehendak untuk memberikan layanan game PB kepada penggemarnya.

Hingga akhirnya PB dan LS berhenti bekerjasama dengan Gemscool, keberadaan Gemscool kiat surut pengunjung, bahkan Gemscool terpaksa harus gulung tikar karena kalah dengan Publisher lain yang sukses.

Peralihan dari game PC Low mid ke smartphone memukul keberadaan Gemscool dan harus berakhir 8 bulan yang lalu.

Garena

Garena adalah salah satu publisher yang juga pernah bekerjasama dengan Zeppeto untuk memasarkan game PB di Indonesia.

Setelah memutus kontrak dengan Gemscool , Garena mulai mendapatkan perhatian dari pemain setia Point Blank dan mulai terkenal.

Sedikit beruntung dibandingkan dengan Gemscool, Garena justru mengikuti perkembangan jaman dengan menyediakan game PC dan juga game mobile untuk penggunanya.

Fre Fire merupakan game paling sukses yang pernah dirilis oleh garena dan mendapatkan income yang sangat besar dari masyarakat Indonesia.

Pastinya kalian sudah paham tentang viralnya bocah yang melakukan topup diamon FF di Indomaret dengan nominal yang fantastis bukan, itu adalah model bisnis garena yang sukses.

Megaxus

Megaxus termasuk publisher game dari Indonesia yang sukses menghibur gamer-gamer Indonesia dengan layanan yang sangat memuaskan.

Megaxus tetap eksis untuk melakukan pemasaran game-game dan berusaha mengimbangi perkembangan zaman dengan merilis game mobile.

Jutaan orang pernah mendaftarkan akun di megaxus demi bisa memainkan game Ayodance yang menghibur tersebut.

Dibutuhkan kecepatan tangan yang tinggi untuk bisa bermain Ayodance dengan baik.

Lyto

Lyto adalah publisher game online asal Indonesia yang masih bertahan hingga saat ini dengan game favorit nya yaitu RF Online.

RF Online yang di publish oleh Lyto terdapat dua jenis, yakni RF Classic yang mengusung konsep jaman dulu dan RF Remastered yang mengusung konsep baru.

RF Online sudah lama bekerjasama dengan Lyto dan menjadi penghasilan yang cukup besar bagi Lyto.

Kesimpulan

Publisher game bertugas untuk mengelola pemasaran game, termasuk promosi dan juga melayani para gamer agar mendapatkan pelayanan yang terbaik seputar game.

Publisher juga harus menjadi GM yang mana harus bisa membasi cheater yang merajalela agar keseimbangan dalam bermain game lebih terjaga.

#Publisher #game #terkenal #dari #Indonesia

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik