7 Desember Memperingati Hari Apa

7 Desember Memperingati Hari Apa – Dalam peristiwa dunia dan sejarah yang ada, tentunya tersematkan tanggal kejadian itu terjadi. Itulah yang dimana akan menjadi sejarah penting dunia.

Seperti halnya pembahasan kita kali ini yang akan mengetahui peristiwa serta peringatan pada 7 desember. Mungkin beberapa diantaranya masih belum diketahui oleh kebanyakan masyarakat luas diindonesia.

Tanpa berlama lama lagi, dibawah ini detikinfo.megazio.com sudah merangkum beberapa point mengenai hal tersebut. Dan semua itu wajib kalian ketahui, yuk kita simak bersama penjelasannya!

7 Desember Memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional

7 Desember Memperingati Hari Penerbangan Sipil Internasional

Hari Penerbangan Sipil Internasional, jatuh pada tanggal 7 desember diseluruh dunia. Yang dimana menjadi sebuah peringatan dalam dunia penerbangan sipil internasional.

Biasanya berita kampanye atau peringatan soal hari peringatan ini dapat kalian temukan pada bandara bandara didunia, termasuk diindonesia.

Hari penerbangan sipil internasional ini sendiri merupakan sidang umum yang disahkan oleh PBB (perserikatan bangsa bangsa). Pada tanggal 7 desember PBB secara resmi mengakui hari tersebut.

Adapun tujuan dari 7 Desember Memperingati Hari Apa ini adalah untuk memberikan kesadaran bagi para negara didunia. Yang dimana dalam hal ini penting bagi mereka ketahui bahwa penerbangan sipil sangat penting bagi ekonomi sebuah negara.

Dan dengan adanya hari peringatan ini adalah untuk membangkitkan dan memperkuat kesadaran dunia. Akan pentingnya dunia penerbangan, dalam hal ini adalah penerbangan sipil bagi perkembangan sosial dan ekonomi.

Pada negara negara lainnya seperti inggris , kanada, dan lainnya yang masih merayakan hari ini pada bandara internasionalnya. Yang dimeriahkan dengan acara festival atau pertunjukan pesawat terbang.

Diindonesia sendiri, banyak perusahaan penerbangan komersil yang merayakan hari ini sebagai hari raya penerbangan. Dan didukung pula dengan kementrian perhubungan dan pejabat terkait.

7 Desember Memperingati Hari Dharma Wanita

7 Desember Memperingati Hari Dharma Wanita

Selain dari Hari Penerbangan Sipil Internasional, kali ini perayaan datang dari indonesia. Untuk menambah info seputar “7 Desember Memperingati Hari Apa” Yang dimana tanggal tersebut adalah memperingati Hari Dharma Wanita.

Dharma Wanita ini adalah sebuah organisasi yang beranggotakan seorang wanita yang bisa dilihat dari namanya. Dan didalamnya beranggotakan seorang istri dari pegawai negeri sipil (PNS).

Organisasi ini dibentuk pada 7 desember 1999 silam. Yang dibentuk pada sebuah sidang dan rapat secara nasional oleh pemerintah negara indonesia.

Adapun tujuan dari terbentuknya organisasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya para anggota pegawa negeri sipil. Dan memiliki tugas pokoknya.

Yaitu untuk meningkatkan kerukunan bersama, menjalin hubungan kerja sama, serta meningkatkan kepedulian sosial. Berbagai jenis anggota dari organisasi ini diantaranya adalah

Istri para pegawai negeri sipil, istri pejabat negara bidang pemerintahan, istri pensiunan atau janda pns. Istri pegawai BUMN, BUMD, Istri Anggota Polri serta istri anggota TNI.

Dan Dharma Wanita ini bukanlah sebuah organisasi biasa, namun organisasi yang dipantau langsung oleh negara. Bahkan sistem pengurusan atau struktur organisasi pun terdapat pada Dharma wanita ini.

Banyak kantor Dharma wanita yang tersebar disetiap daerah yang ada diindonesia. Dan setiap kepala atau pimpinan dharma wanita pun berbeda beda pada setiap daerahnya.

Peringatan hari dharma wanita ini sering kali diadakan acara pada kantor dharma wanita. Yang diikuti dengan acara pengibaran bendera merah putih dan festival tahunan seperti lomba, DLL untuk memeriahkan peringatan tersebut.

Peristiwa Pada 7 Desember Lainnya Yang Wajib Kalian Ketahui

Dalam satu tanggal yang sama ditahun yang berbeda terdapat beberapa peristiwa lainnya yang menjadi sejarah dunia. Dan bukan hanya diindonesia atau disebagian negara saja, namun menjadi sejarah dunia sampai saat ini.

Bahkan diantaranya adalah sejarah mencekam yang menjadi sejarah penting bagi sebagian negara. Baik dari keutuhan negara sampai dengan perkembangan pada sebuah negara.

Beberapa diantaranya sudah kami rangkum dibawah ini. Yang wajib kalian ketahui untuk menambah wawasan seputar pertanyaan 7 desember memperingati hari apa. Yuk simak penjelasannya !

1. 7 Desember 1917 Amerika Menyatakan Perang Dengan Austria-Hongaria

7 Desember 1917 Amerika Menyatakan Perang Dengan Austria-Hongaria

7 Desember Memperingati Hari Apa – Pada perang Dunia I, tepatnya pada tanggal 7 desember 1917. Amerika telah menyatakan perang terhadap Austria-Hongaria, ditahun itu amerika mulai masuk menjajaki daerah tersebut.

PD 1 (Perang Dunia 1) adalah sebuah perang global. Yang pusatnya ada di daerah eropa yang dimulai pada 28 juli 1914. Perang tersebut berlangsung sampai pada 11 November 1918 atau selama lebih 4 tahun lamanya.

Perang ini melibatkan negara yang memiliki kekuatan besar, dan menjadi perang besar pada masanya. Ada 2 aliansi yang ada pada perang tersebut yang melibatkan sekutu dan blok sental.

Sekutu terdiri dari Britanian Raya, Prancis, Dan Rusia. Lalu blok sentral terdiri dari jerman, Austria-Hongaria, Dan Italia. Namun pada saat autria-hongaria memberikan serangan kepada sekutu.

Italia memilih untuk tidak ikut perang pada saa itu. Perang tersebut merupakan perang yang besar dalam sejarah. Dan telah menggugurkan pasukan perang sebanyak 9 juta prajurit.

Perang dunia 1 adalah konflik paling mematikan keenam dalam sejarah dunia. Sehingga membuka jalan untuk membentuk sebuah revolusi untuk berbagai pihak yang terlibat disitu.

2. 7 Desember 1949 Perang Saudara Tiongkok

7 Desember 1949 Perang Saudara Tiongkok

7 Desember Memperingati Hari Apa – Perang saudara tiongkok merupakan sejarah dunia yang masih sampai sekarang dikenang oleh sebagian keluarga korban. Yang dimana sebuah perang tersebut membuat pemerintah republik tiongkok pindah dari nanjing ke taipei.

Perang saudara tiongkok merupakan sebuah perang sipil yang melibatkan bebrapa pihak loyal pemerintah dan partai. Perang ini mempresentasikan perpecahan ideologis antara pihak komunis.

Dan sampai saat ini tidak ada gencatan senjata yang terjadi. Dan juga tidak ada perjanjian damai yang ditandatangani. Lalu terdapat beberapa perdebetan mengenai apakah perang saudara ini telah berakhir secara resmi.

Taukah kamu bahwa republik rakyat tiongkok secara aktif masih mengklaim bahwa taiwan masih menjadi bagian dari wilayahnya. Dan terus mengancam republik tiongkok dengan inflansi militer jika terjadinya deklarasi kemerdekaan.

3. 7 Desember 1975 Timor Timur Bergabung Dengan Indonesia

7 Desember 1975 Timor Timur Bergabung Dengan Indonesia

7 Desember Memperingati Hari Apa – Timor Timur adalah sebuah provinsi indonesia yang pernah menjadi bagian dari negara kesatuan republik indonesia. Dan memiliki ibukota bernama Dili. Sebelumnya Timor Timur adalah bekas jajahan portugal selama 450 tahun.

Namun pada 20 mei 2002 secara resmi negara tersebut mendeklarasikan kemerdekaan seutuhnya. Dan menjadi sebuah negara mandiri yang bukan lagi menjadi bagian dari negara kesatuan republik indonesia.

Sebelumnya ada referendum yang diselenggarakan pada tanggal 30 agustus 1999. Yang dimana timor timur lebih memilih memisahkan diri dari indonesia dengan perolehan hasil suara 78,5% pemilih.

4. 7 Desember 1959 Aceh Ditetapkan Sebagai Daerah Istimewa

7 Desember 1959 Aceh Ditetapkan Sebagai Daerah Istimewa

7 Desember Memperingati Hari Apa -Aceh adalah sebuah provinsi diindonesia yang ibukota nya berada di banda aceh. Provinsi satu ini merupakan salah satu provinsi yang diberikan status sebagai daerah istimewa dan juag diberi kewenangan otonomi khusus.

Aceh ini merupakan bagian indonesia yang terletak pada bagian ujung sumatera, dan merupakan provinsi paling barat dinegara republik indonesia. Provinsi ini memiliki populasi sekitar 5.274.871 jiwa.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-04 09:52:33.

You May Also Like

About the Author: detik