Apa Arti Cringe? Ramai Disebut Untuk Karen’s Diner Indonesia

detikinfo.megazio.com – Kata cringe kini tengah viral di TikTok, apa arti cringe sebenarnya?

Kata cringe memang sudah tak asing lagi di telinga jika kamu suka bermain media social TikTok, Twitter, hingga Instagram.

Bahasa gaul yang berasal dari kosa kata Bahasa Inggris ini sudah lama digunakan oleh anak-anak millennial.

Namun kata ini kembali viral setelah pembukaan restoran Karen’s Diner Indonesia yang memiliki konsep unik dan berbeda.

Karen’s Diner adalah sebuah restoran yang melayani pelanggan dengan tidak sopan dan buruk.

https://www.ayovaksindinkeskdi.id/apa-arti-cringe-/
Ilustrasi. Arti kata cringe. (Dok. pribadi)

Jika biasanya pelayan akan bersikap baik di depan pelanggan, justru di Karen’s Diner, pelanggan akan dilayani dengan hinaan dan umpatan oleh pelayan.

Restoran Karen’s Diner pertama kali didirikan di Sidney, Australia pada Oktober tahun 2021.

Dan kini sudah memiliki cabang di beberapa kota di Inggris dan Australia.

Video terkait pembukaan restoran Karen’s Diner di Indonesia sudah beredar luas di media social dan menuai kritikan pedas dari warganet.

Lantaran beberapa tindakan dan perkataan para pelayan restoran tersebut dinilai berlebihan.

Pelayan melontarkan hinaan fisik kepada pelanggan, menumpahkan saus, ikut makan kentang pesanan pelanggan, hingga memasukkan tangannya ke dalam gelas minuman.

Aksi pelayan Karen’s Diner di Indonesia dinilai sangat berlebihan, tak seperti standard Karen’s Diner di luar negeri.

Warganet Indonesia pun ramai-ramai mencibir dan menilai cringe atas sikap pelayan Karen’s Diner.

Lantas apa arti kata cringe yang kini tengah ramai diperbincangkan? Simak penjelasannya di bawah ini.

Arti dari Kata Cringe

Cringe berasal dari kosa kata Bahasa Inggris, yang kini kerap digunakan secara umum oleh anak-anak muda Indonesia.

Kata ini kerap digunakan warganet di media social atau obrolan santai dengan teman.

Cringe secara umum memiliki arti jijik. Yang mengekspresikan diri saat melihat sesuatu hal yang memalukan atau menjijikkan.

Arti kata cringe ini memiliki beberapa makna, yang pertama berarti perasaan malu atau menjijikkan.

Atau juga bisa diartikan meringis atau bergidik, dan bisa pula diartikan menekuk wajah karena geli, kaget, takut, dan jijik.

Namun, kata ini lebih sering digambarkan sebagai ekspresi meringis saat melihat sesuatu yang memalukan dan menjijikkan.

Di sisi lain, kata cringe juga bisa digunakan untuk mengungkapkan ekspresi heran saat seseorang melakukan sesuatu yang aneh.

Dan ternyata ada beberapa turunan kata dari cringe seiring dengan berkembangnya bahasa.

Contohnya adalah cringy yang berarti ada seseorang atau sesuatu yang membuat kalian canggung atau malu.

Lalu ada istilah cringeworthy yang memiliki arti sesuatu atau seseorang membuat kalian ‘cringe’ atau ‘cringe maksimal’.

Bagaimana penggunaan kata cringe? Simak ulasannya

Contoh dari penggunaan kata cringe adalah saat kalian menyebut anak-anak di bawah umur atau bocil cringe, karena melihat gaya pacaran mereka yang berlebihan dari orang dewasa.

‘Tuh bocil cringe banget sih ya Allah udah manggil ayah bunda.’

Contoh lain di saat kamu bernostalgia melihat postingan 5 tahun lalu di media social.

‘Ya Allah gua cringe banget dulu ya di Facebook hahaha.’

Selain itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai arti generasi sandwich dan arti touchy, istilah kata yang kini tengah viral.

Pengertian Generasi Sandwich

Generasi sandwich ini dideskripsikan seseorang yang memiliki tanggung jawab penuh untuk menafkahi keluarganya, mulai dari orang tua, adik, atau kakak.

Orang-orang yang termasuk ke dalam generasi sandwich ini juga biasa disebut tulang punggung keluarga.

Orang-orang generasi sandwich memiliki peran ganda, untuk menghidupi dirinya sendiri dan keluarganya .

Posisi yang berada di antara generasi sebelum dan sesudah ini seperti sandwich atau roti isi yang menghimpit keju, sayur, dan daging.

Roti sandwich ini dianalogikan orang tua berada di bagian atas, sementara roti bagian bawah adalah anak.

Generasi sandwich berada di tengah, terhimpit di antara orang tua dan anak/adik/kakak, yang mengharuskan mereka untuk bertanggung jawab atas dua roti atas dan bawah tersebut.

Arti Touchy Kerap Digunakan di Twitter dan TikTok

Ya benar, Touchy adalah kosa kata dari Bahasa Inggris. Akan tetapi, arti Touchy bukanlah menyentuh.

Touchy ini ditujukan untuk reaksi seseorang saat berinteraksi dengan orang lain.

Kata Touchy ini adalah istilah yang diartikan untuk seseorang yang mudah tersinggung.

Dilansir dari Ubran Dictionary, arti touchy adalah seseorang yang terlalu sensitif.

Istilah ini ditujukan kepada seseorang yang mudah tersinggung dengan ucapan, sikap, hal lain yang dinilai tidak normal.

Kata Touchy dalam bahasa gaul ini bermakna sindiran untuk orang-orang yang mudah tersinggung.

Istilah ini kerap digunakan di media sosial Twitter dan TikTok.

Contohnya:

‘Nggak usah ajak dia deh, soalnya dia orangnya touchy. Ntar ribet malahan.’

Orang yang memiliki sifat touchy memang kurang baik karena akan susah untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tak jarang, orang yang touchy sulit untuk mendapatkan teman.

Terlebih lingkungan orang di sekitar orang touchy sudah pernah mengalami reaksi touchy yang tidak mengenakan.

Oleh karena itu, jika kamu merasa pernah atau masih menjadi orang touchy, kamu mesti koreksi diri dan merubahnya pelan-pelan.

Hal itu agar interaksi sosial mu dengan orang lain tidak terganggu.

Selain kata touchy, ada beberapa istilah viral lainnya yang harus kamu ketahui.

Demikian penjelasan soal arti cringe beserta contoh dan beberapa istilah viral lainnya. Semoga membantu ya.

Baca Juga:

Originally posted 2022-12-19 17:31:20.

You May Also Like

About the Author: detik