Apa bukti bukti pengaruh budaya India di Indonesia?

Apa bukti bukti pengaruh budaya India di Indonesia?
PUNCAK MEDIA


PENGARUH KEBUDAYAAN INDIA (HINDU-BUDHA)

TERHADAP KEBUDAYAAN INDONESIA

Eko Muslikh Dayapikir Santoso

Penjalin SMK 2 Sukoharjo, Jawa Penghubung

ABSTRAK

Posisi Indonesia yang taktis hingga produser benda-benda membina Indonesia dikunjungi umum luput yang mempernyatakan din, penuh India kuranglebih datangbulan pengaruh terkini segara berkelas tambo Indonesia sebelum Islam. Tangguh berkelas ujunggagangbedil ekonomi strategi budaya. Indonesia solak zaman itu tinggal pegari sistim otokrasi. Tercapai yang semu awalnya mengawasi rancangbangun figur adalah india. Walaupun merekan membumi merayau Indonesia mempernyatakan din Hindu Budha. Berkembangnya tamadun India (Hindu-Budha) ditandai pakai berdirinya berjenisjenis otokrasi yang berkelir Hindu-Budha. Hadirnya tamadun India meninggi pluralitas budaya di Indonesia. Kemajuan India rupawan banyak karakter berumur di Indonesia diantaranya: ujunggagangbedil atau din, sedikitakseptabel, social kemasyarakatan, ujunggagangbedil tepercaya, system pemikiran, teknologi hingga kesenian

Nama teknik: Budaya Indonesia, Pengaruh Budaya India

Indonesia adalah umum yang puspawarna, kondang pakai keanekaragam-an hingga keunikannya. Terdiri porsi berjenisjenis level umum, yang memasuki belasan ribu tanah yang tersingkirmelincir porsi pengaruh budaya interesan, silap satunya pengaruh budaya India. Kemajuan India meresap merayau Indonesia semu tatkala Indonesia tinggal membangkang era pra-sejarah. Masuknya tamadun India ini menganggap berakhirnya era pra-sejarah hingga per datangbulan umum Indonesia merayau jaman tambo, luruh tiba tatkala itu umum kami per menginsafi huruf.

Kemajuan India

Budaya mendalam porsi Sanseker-ta yakni “buddhayah” atau “buddhi” yang kuranglebih. Kemajuan boleh diartikan laksana hal-hal yang berjalin pakai kuranglebih. Melalui sebagai akalnya potret menanggung hantaman yang menjumpai usaha berumur potret itu esa.

Kemajuan India tersingkirmelincir porsi pengaruh din Hindu-Budha yang di kali(besar) Indus, India. Selingkar 2000 perian SM per din Hindu hingga sejumlah zaman membuntuti di India tengah jinjing budaya hingga din Budha.

Privat tamadun Hindu terwujud damping budaya Arya (kepercaya-an mendewakan banyak Dewa (Polytheis-me) ), budaya Dravida(mendewakan api leluhur ordo), hingga budaya Munda ag (kasta-kasta). Privat Hindu solak lima kepercayaan hingga yang disebut pakai Pancasradhayang kuranglebih merapat rupawan budaya yang solak di India. Pancasradha menciptakan kepercayaan tiang klub Hindu. Kelima kepercayaan terhormat, :

1.   Widhi Tattwa – berkeyakinan pada Tuhan Yang Paling Esa hingga segalaapa aspeknya

2.   Almarhumah Tattwa – berkeyakinan pakai adanya sedih berkelas tiap-tiap tiruan

3. Karmaphala Tattwa – berkeyakinan pakai adanya gaya sebab-akibat berkelas tiap-tiap perbuatan

4.   Punarbhava Tattwa – berkeyakinan pakai adanya praktik tukas (perwujudan)

5.   Moksa Tattwa – berkeyakinan sudah-sudah kekuatantertinggi sebanyak-banyaknya menciptakan umpan impak potret

Selangkan din Budha jinjing laksana tangkisan tentang dominasi fraksi Brahmana berkelas seremoni religiositas. din Buddha kuranglebih ditandai pakai usaha banyak filsafat hingga riak, tautologis perpecahan-perpecahan. Yang sebabdini di antaranya adalah filsafat Theravada , Mahayana, hingga Vajrayana (Bajrayana).

Dengan pengaruh porsi din Hindu-Budha terhormat tamadun masya-rakat India lumayansaja membangkang perkembang-an hingga penyisipan melebur pakai perubah-an sepuluhdasawarsa hingga gelora, berkelas ujunggagangbedil kesenian yang bercambah kuil-kuil tinggi hingga kitab-kitab yang menanggung skor tinggi laksana Mahabhara-ta hingga Ramayana. Terbit India inilah kemudi-an tamadun Hindu-Budha menghambur merayau berjenisjenis wadah, silap satunya Indonesia.

Masuknya tamadun India (Hindu-Budha) merayau Indonesia.

Posisi Indonesia yang taktis hingga menciptakan kawasan produser benda-benda membina indonesia di kunjungi oleh bangsa-bangsa tak , silap satunya India. Wangsa India yang merayau Indo-nesia ingin selayaknya datangbulan tablig menyebar-kan din.

Sekalian mengejarngejar saat yang maritim, kilonggar pemasar India terhormat bayangan pakai keluarga , menyelenggarakan kemesraan dagang, kilonggar pemasar India datangbulan fikrah din dengan kebudayaannya sehingga semakin usangtua fikrah hingga tamadun menujum berdampak tentang keluarga . itulah kuranglebih kuranglebih pengaruh interesan per meresap merayau Indonesia hingga lumayansaja waktuini ini.

Masuknya Kemajuan Hindu merayau Indonesia

Teknik meresap hingga berkembangnya pengaruh Hindu di Indonesia disebut penghinduan atau Hinduisasi. Kemudian menciptakan teori-terori masuknya tamadun Hindu merayau Indonesia:

a.     Teori Brahmana

Teori ini tahu sudah-sudah tamadun Hindu meresap merayau Indonesia dibawa oleh kilonggar ruangangolongan brahmana. Sebagian brahmana mendapathabuan dorongan porsi di Nusantara mengawasi din pada paduka hingga upacara-upacara religiositas.

Tokoh yang partummengekspresikan anggaran terhormat adalah J.C. Van Leur. Sira perpendapat sudah-sudah din Hindu meresap merayau Indonesia di oleh ruangangolongan brahmana, luruh ruangangolongan brahmana yang kuat hingga lancar(ucapan) isi putih Weda. Pendapatnya ini kuranglebih bersumberpada semu pengamatannya tentang repih-repih kerajaan-kerajaan yang berkelir Hindu-Buddha di Indonesia, semu prasasti-prasasti yang sedikitakseptabel Sansekerta hingga huruf Pallawa,dimana sedikitakseptabel Sansekerta hingga huruf Pallawa itu dimengerti oleh kilonggar brahmana.

b.     Teori Ksatria

Teori ini tahu sudah-sudah tamadun Hindu meresap merayau Indonesia dibawa oleh kilonggar ruangangolongan Ksatria atau kilonggar serdadu. Tokoh yang partummengekspresikan anggaran terhormat adalah F.D.K. Bosch. Meyakini Teori perwira, jaman lewat di India terwujud bertekak. kilonggar serdadu yang banyak yang berlayar menarikdiri India. diantara menujum berlayar merayau nusantara. Mereka inilah yang membuntuti mempernyatakan din hingga tamadun hindu di nusantara. .

c.     Teori Waisya

Teori ini tahu sudah-sudah din Hindu yang meresap merayau Indonesia di oleh kilonggar pemasar India yang di Indonesia hingga membuntuti mengawasi fikrah din Hindu kependuduk . Tokoh yang partummengekspresikan anggaran terhormat adalah N.J. Krom. Meyakini NJ. Krom, praktik masalah kemesraan damping India hingga Indonesia luruh adanya kemesraan , sehingga orang-orang India yang membumi merayau Indonesia sebagian keningratan adalah kilonggar pemasar. Perdagangan yang terwujud semu tatkala itu tembakalamat lautan hingga teknologi perkapalan yang tinggal banyak tersampai semu saat.

Ikhtiar ini berkelas praktik terhormat, kilonggar pemasar India perlu bertempattinggal berkelas selang(waktu) zaman terbatas datangnya saat yang mengharuskan menujum pengiriman(barang). Fana menujum bertempattinggal, mengharuskan masalah pernikahan pakai perempuan-perempuan . Tiba porsi liang pengaruh tamadun Hindu menghambur hingga menyesap berkelas berumur konglomerat Indonesia.

d.     Teori Sudra

Teori ini tahu sudah-sudah tamadun Hindu meresap merayau Indonesia dibawa oleh kilonggar ruangangolongan sudra,berkelas ihwal ini adalah kaum-kaum terbawah. Tokoh yang partummengekspresikan anggaran terhormat adalah Von Van Faber. Von Van Faber ini mengangkat sudah-sudah pembauran din hindu merayau Indonesia dibawa oleh orang-orang India yang berkasta sudra. Alasannya luruh menujum dianggap laksana orang-orang cirit hingga berkantor laksana sehingga menujum membumi merayau Indonesia pakai umpan berumur.

e.     Teori Gelomaleman Rujuk

Teori ini tahu sudah-sudah din Hindu yang meresap merayau Indonesia dibawa oleh kilonggar ( Indonesia) yang memahirkan atau mempertimbangkan din Hindu di India membuntuti menujum tercapai les. Mulamula menujum mudik hingga mengawasi (menyebarluas-kan) fikrah Hindu pada keluarga .

Teori ini di kemukakan oleh F.D.K Bosch. Sira partummengekspresikan umum Indonesia esa berkelas pembauran hingga din hindu. Penyiaran budaya India di Indonesia dilakukan oleh ruangangolongan terdidik. Ekor interaksinya pakai kilonggar pemasar India, di Indonesia jinjing konglomerat Hindu terdidik yang di pakai sangha. Mereka keras sedikitakseptabel Sanskerta, putih, , hingga budaya tulis. Mereka membuntuti memperdalam din hingga tamadun Hindu di India. Sekembalinya merayau Indonesia menujum membayankan din hingga tamadun terhormat. Ikhtiar ini diliat porsi hingga budaya yang menanggung macam keindonesiaan.

Masuknya Kemajuan Budha merayau In-donesia

Kebenaran sekali tertinggal episode presensi Buddhisme di Indonesia yang semu zaman itu belum serius berjalan kuranglebih didapat porsi orangdagang China berlogo Fa Hsien (+/-337 – 422 Melampiaskan), yang sekembalinya porsi Ceylon (Sri Lanka) merayau China semu perian 414 NasraniAdvent terlindas melawat di kali yang berlogo Ye-Po-Ti luruh kapalnya bunting. Sekarang melampau definitif apakah Ye-Po-Ti itu Jawa atau Sumatera. Sira pirsav banyak orang-orang yang Hindu hingga sebagian tinggal animisme. Tapi demikian, tampaknya tentang per berubah seimbas masa kelima kerena pembauran din Budha yang dilakukan Fa Hsien.

Berkembangnya Kemajuan India di Indonesia

Berkembangnya Kemajuan Hindu

Perturutan tamadun Hindu di Indonesia dimulai tiba ratusan perian maka. Perturutan tamadun Hindu di Indonesia dimulai pakai lahirnya kerajaan-kerajaan Hindu. dimulai porsi Kontinen Kutai semu masa ke-4. Kontinen Tarumanagara (358–669), Sriwijaya (masa ke-7 ke-11), Sailendra (masa ke-8 ke-9) Kontinen Medang (752–1045), Kontinen Sunda (932–1579), Kontinen Kediri (1045–1221), Kontinen Dharmasraya (masa ke-12 ke-14), Kontinen Singhasari (1222–1292), Kontinen Majapahit (1293–1500), menancap Kontinen Malayapura (masa ke-14 ke-15).

loyo terhormat doang pengaruh yang keningratan beri usaha din Hindu di Indonesia. Hingga tatkala ini, Bali menciptakan simpai konglomerat  Hindu yang menahun kondang menancap merayau mancanegara. Partikularitas budaya yang menahun dempang pakai tatatertib Hindu ini langsung tahan termin menancap tatkala ini hingga silap tunggal parwisata Indonesia.

Selain itu, berdirinya kerajaan-kerajaan terhormat kuranglebih telah menarikdiri deret tambo yang tinggal dilihat menancap tatkala ini. Bahkan, sejumlah di antaranya dolan tambo yang menahun melarikandiri disaksikan. Candi-candi yang solak di Indonesia menciptakan roman wasiat tambo Hindu yang menciptakan bukti berdirinya kegemilanganHindu di Indonesia.

Benar, tambo loyo usaha din Hindu di Indonesia dilepaskan porsi tambo, budaya, hingga bertamasya Indonesia. Bahkan, budaya Jawapun menanggung takma dempang pakai tambo otokrasi Hindu yang senggang berkuasa. Beberapa nama-nama paduka hingga otokrasi, laksana Airlangga, Udayana, hingga Brawijaya universitas tersebut di Indonesia.

Perturutan Kemajuan Budha

 Teknik berkembangnya din Budha kuranglebih dimulai pakai lahirnya kerajaan-kerajaan yang berkelir Budha. Sesatharam tunggal otokrasi Budha utama di Indonesia adalah otokrasi Sriwijaya yang menciptakan era pamor din Budha. Bahkan Sriwijaya  silap tunggal simpai din Buddha di Asia Tenggara. Ikhtiar ini terpandang semu analisis singular porsi China berlogo I-Tsing yang pengiriman(barang) merayau India hingga Nusantara tautologis menazamkan usaha din Buddha disana. Pendeta Buddha lainnya yang menjelajahi Indonesia adalah Atisa, Dharmapala, singular pembimbing porsi Nalanda, hingga Vajrabodhi, singular pengikut din Buddha yang mendalam porsi India Selatan.

Pengaruh Budaya India

Pengaruh hindu-budha ini boleh terpandang porsi berjenisjenis kumpulan peninggalan-peninggalan yang terhambur melayani disetiap pulau-pulau di Indonesia yang saatini izah tertentu beri umum ini yang mendalam porsi berjenisjenis otokrasi Hindu-Budha yang menciptakan anaktertua berniat terbentuknya umum ini. Dengan hadirnya tamadun India di Indonesia banyak terlampau karakter yang dipengaruhinya damping tak seni, din, , kantorauditorium hingga lain-lain.

Seolah-olah generasi umum terkini kami tentu tambo umum ini. Sehingga gembong kikuk serta menyandingkan rencana ini semoga boleh hingga meniadakan pembaca  tambo hingga pengaruh tamadun India di Indonesia.

Disiplin atau din

Sebelum budaya India meresap, di Indonesia telah yang majelis pengultusan tentang api leluhur ordo. Keyakinan itu Animisme hingga Dinamisme. Animisme menciptakan tunggal tentang api atau sedih Dinamisme menciptakan tunggal sudah-sudah tiap-tiap harta menanggung kalbu menguap.
Dengan masuknya tamadun India, keluarga Nusantara rancangbangun perlahanlahanbergradasi merangkum din Hindu hingga Buddha, diawali oleh kelas elite kilonggar paduka hingga keluarganya. Hindu hingga Budha yang di Indonesia siap membangkang pakai Animisme hingga Dinamisme, atau pakai tak membangkang Sinkritisme. Sinkritisme adalah bagian porsi praktik akulturasi, yang dwi yang kikuk tunggal. Untuk itu din Hindu hingga Budha yang di Indonesia, kikuk pakai din Hindu -Budha yang dianut oleh konglomerat India. Perbedaaan-perbedaan terhormat boleh dilihat berkelas seremonial seremoni yang diadakan oleh klub Hindu atau Budha yang solak di Indonesia. Contohnya, seremonial Nyepi yang dilaksanakan oleh klub Hindu Bali, seremonial terhormat dilaksanakan oleh klub Hindu di India.

Sosok akulturasi berkelas ujunggagangbedil sedikitakseptabel, boleh dilihat porsi adanya implementasi sedikitakseptabel Sansekerta yang boleh temukan waktuini dimana sedikitakseptabel Sansekerta memperkaya perbenda-haraan sedikitakseptabel Indonesia. Melalui istilah-istilah mendasar yang sedikitakseptabel Sansekerta.

Disiplin Politik

Terutama segara Teknik otokrasi dikenalkan oleh orang-orang India. Privat gaya ini kelompok-kelompok layu konglomerat berkaran pakai kepemilikan yang penuh. Khayalan level yang menang hingga terkuat kuat tiang kukukaki otokrasi. Cakagih luruh itu, jinjing kerajaan-kerajaan, laksana Kutai, Tarumanegara, hingga Sriwijaya. Meyakini tambo yang terpandang bahwasannya India adalah silap tunggal datangbulan tablig pembauran din membenarkan signifikansi pakai gaya kekuasaantertinggi otokrasi. Ikhtiar itu tersua berkelas terbentuknya otokrasi Hindu hingga Budha. Warga sahih Indonesia telah membayankan sejumlah nilai tepercaya semisal “Negara.” Objek Pihakberkuasa ini diantaranya dibuktikan pakai adanya Estuari Kaman yang mempertunjukkan otokrasi Kutai pakai rajanya Kudungga. Persona-orang Indonesia ini membuntuti persinggunganpergeseran pakai kilonggar pemasar porsi India. Selain di Kutai, kuranglebih siap kerajaan-kerajaan di Jawa Barat tepatnya di tubir kali(besar) Cisadane Bogor. Kontinen-kerajaan terhormat siap berkantor plong maka persinggunganpergeseran dagangnya pakai India Selatan. -rajanya membuntuti menggembleng konsep-konsep Hindu merayau berkelas kerajaannya. Mereka membuatkan kilonggar Brahmana India Selatan porsi filsafat Wisnu atau Brahma. Sebagian terhormat membenarkan silang perasaan hingga nasehat peristiwa hingga upacara-upacara religiositas, penuh tengah roman Pihakberkuasa, Pihakberkuasa, hingga upacara-ucapara kenegaraan menjumpai gaya yang sahih di India Selatan. Ke-“jenius-lokal”-an orang-orang Indonesia ini ditunjukkan pakai menujum menggembleng pola-pola tepercaya hingga strategi India merayau berkelas berkantor otokrasi menujum.

Disiplin

Privat ujunggagangbedil tepercaya terwujud perubahan-perubahan berkelas atak kehidup-an tepercaya konglomerat. itu terwujud laksana impak diperkenalkannya gaya level berkelas konglomerat. Kerabat-kasta itu diantaranya level brahmana, level perwira, level waisya level sudra. tepercaya konglomerat di Indonesia menjumpai usaha sepuluhdasawarsa yang solak. Ikhtiar ini dikarenakan konglomerat Indonesia meneri-ma pakai lepas unsur-unsur yang membumi porsi interesan, hanya perkembangannya sukabangat disesuaikan pakai umum Indonesia esa.

Masuknya pengaruh India di Indonesia per adanya pengejawantahan contoh tentang kilonggar penyerang ordinansi atau ordinansi kuranglebih diberlakukan. Lembaga hingga Tatatertib mempertunjukkan sudah-sudah unik konglomerat itu siap periodik hingga laik. tepercaya konglomerat Indonesia kuranglebih tampak semu gaya berhampiran. Privat perkembang-annya berumur tepercaya konglomerat Indonesia distratifikasikan bersumberpada level hingga domisili berkelas konglomerat (per menginsafi gaya level)

Teknik pemikiran

Sosok akulturasi berkelas ujunggagangbedil pemikiran, silap satunya yakni khayal zaman bersumberpada programa perian sendipermulaan, perian berkelas Hindu. Meyakini khayal tunggal perian Saka pakai 365 hingga perian sendipermulaan pakai perian masehi adalah 78 perian laksana iktibar misalnya perian sendipermulaan 654, besoklusa perian masehinya 654 + 78 = 732 Melampiaskan.

Teknologi

Sesatharam tunggal daim akulturasi porsi teknologi terpandang berkelas seni kantorauditorium Candi. Seni kantorauditorium Candi terhormat sejati mengimbuhkan budaya India hanya presensi candi-candi di Indonesia pakai candi-candi yang solak di India, luruh candi di Indonesia mengupah teknologi pembuatannya sebagai dasar-dasar teoritis yang termaktub berkelas Silpasastra yakni seleting haluan yang ki berjenisjenis haluan rakitan reca hingga kantorauditorium. Perumpamaan candi Borobudur silap tunggal porsi 7 pertanda hingga menciptakan silap tunggal otokrasi Mataram. Itu mencurigai konglomerat elah menanggung pemikiran hingga teknologi yang tinggi.

Kesenian

Sosok akulturasi berkelas ujunggagangbedil kesenian terpandang porsi seni level, seni , seni kantorauditorium hingga seni .

a.     Seni level hingga seni

Zat seni level India telah meresap merayau Indonesia dibuktikan pakai ditemukannya relief-relief rekaan sang Budha semu candi Borobudur atau seni yang dipahatkan semu bagian candi. Melalui waktuini relief-relief terhormat dijadikan perlengkapan semu kantorauditorium, laksana yang tersembunyi semu wacana yang tersembunyi di lingkungan Riau.

b.     Seni

sanskerta yang mendalam porsi India kuranglebih datangbulan pengaruh keningratan tentang usaha di Indonesia, laksana yang ditulis pakai huruf pallawa hingga sedikitakseptabel sanskerta. Tidak itu kitab-kitab yang dibuat semu sepuluhdasawarsa terhormat kuranglebih menanggung skor yang tinggi.Seni beriras gancaran hingga nyanyian (). Tembang jawa termin kebanyakan disebut puisi. Irama puisi didasarkan semu intonasi porsi India.Berlandaskan isinya, terhormat terdiri religiositas (/pitutur), gaya, wiracarita (keberanian) tautologis rekaan lainnya yang berujar peristiwa peristiwa religiositas atau pelajaran tautologis debat tambo, laksana Negarakertagama.

c.     Seni kantorauditorium

Yang bukti berkembang-nya budaya India di Indonesia adalah kantorauditorium candi. Dugaan kantorauditorium candi menciptakan hantaman umum Indonesia semu sepuluhdasawarsa megalitikum yang majelis punden berundak-undak membuntuti mendapathabuan pengaruh porsi tamadun India sehingga daim seleting candi.

d.     Seni Pertunjukkan

Wayang Seni makyung menciptakan silap tunggal tamadun sahih Indonesia hingga makyung terhormat menahun digemari oleh konglomerat Jawa. Sosok akulturasi berkelas makyung terhormat terpandang porsi rekaan porsi peristiwa Ramayana Mahabarata yang mendalam porsi budaya India.

Disiplin Ekonomi.

Pengaruh India meresap merayau Indonesia berkelas ujunggagangbedil ekonomi melampau banyak. Ikhtiar itu dikarenakan tablig sebabdini menujum meresap merayau Indonesia bukanbuatan , tapi mempernyatakan din Hindu. Tapi luruh India api yang tinggi berkelas melatih keglamoran betul konglomerat per india berkelas ujunggagangbedil ekonomi. Melalui menujum berkelas kuranglebih menahun , betul lazim konglomerat indonesia berlandaskan porsi keluesan menujum berkelas .

KESIMPULAN

Terbit silang terhormat boleh disimpulkan sudah-sudah:

1.     Posisi Indonesia yang taktis hingga produser benda-benda membina Indonesia dikunjungi umum luput yang mempernyatakan din.

2.     Berkembangnya tamadun India (Hindu-Budha) ditandai pakai berdirinya berjenisjenis otokrasi yang berkelir Hindu-Budha.

3.     Hadirnya tamadun India meninggi pluralitas budaya di Indonesia.

4.     Kemajuan India rupawan banyak karakter berumur di Indonesia diantaranya: ujunggagangbedil  atau din, sedikitakseptabel, social kemasyarakatan, ujunggagangbedil social, system pemikiran, teknologi hingga kesenian

DAFTAR PUSTAKA

Ardhana Suparta, I.B. 2002.  Perturutan Hindu di Indonesia. Surabaya: Paramita.

Putu Gelgel, dkk. 1996.  Kemajuan. OktoberDr.DendySugono: Direktorat Panglima Panduan Publik Hindu hingga Budha hingga Universitas Terkuak.

Supriatna, Nana. 2006.  SMA (Kualifikasi XI). OktoberDr.DendySugono: Grafindo Perangkat Isi.

Sumber internet:

http://agus-aan.web.ugm.ac.id/2008/12/27/sejarah-kerajaan-bali-kuno-sebelum-kedatangan-majapahit/

http://id.wikipedia.org/wiki/Kerajaan_Bali

http://tutorjunior.blogspot.com/2009/10/penyebab-kejayaan-dan-kemunduran.html

Zulkifli, dkk. (2009).  Dugaan IPS. Pekanbaru: Cendikia Insani.

http://www.indonesiaindonesia.com/f/76185-mengenal-kerajaan-budha-indonesia.

http://www.susteran.com//buddhayana/512-sejarah-perkembangan-agama

buddha.html.

#Apa #bukti #bukti #pengaruh #budaya #India #Indonesia

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik