Berikut Yang Bukan Merupakan Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia Adalah

Berikut Yang Bukan Merupakan Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia Adalah – Sebutkan 5 faktor yang berkontribusi terhadap keragaman masyarakat Indonesia! Salah satu dari 5 faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah faktor geografis Indonesia. Tentu saja status nusantara menimbulkan perbedaan fisik dan budaya antara penduduk satu pulau dengan pulau lainnya.

Lantas apa pentingnya keragaman masyarakat dari sudut pandang daerah? Keanekaragaman merupakan aset daerah yang berkontribusi terhadap budaya bangsa.

Berikut Yang Bukan Merupakan Penyebab Keberagaman Masyarakat Indonesia Adalah

Kebhinekaan masyarakat Indonesia memberikan dampak positif dan negatif bagi individu, masyarakat, bangsa dan negara. Efek positif dari pentingnya keragaman dalam masyarakat menguntungkan pembangunan dan kemajuan, sedangkan efek negatifnya mengarah pada keharmonisan bahkan kehancuran bangsa dan negara.

Soal Latihan Pas Tema 4 Muatan Pelajaran Ppkn Kelas 6 Sd

Menurut sebuah studi oleh Badan Pusat Statistik, terdapat 1.128 suku bangsa di Indonesia hasil survei penduduk tahun 2010. Komposisi dan struktur penduduk Indonesia menurut suku bangsa menurut sensus tahun 2010 menunjukkan bahwa dari Jawa bagian tengah hingga timur, suku Jawa merupakan suku bangsa terbesar dengan jumlah 85,2 juta jiwa atau sekitar 40,2 persen penduduk Indonesia.

Indonesia, negara kepulauan, terdiri dari ribuan pulau yang terpisah secara fisik. Situasi ini membuat hubungan antara orang-orang dari pulau yang berbeda menjadi sulit.

Setiap masyarakat di nusantara mengembangkan kebudayaannya masing-masing sesuai dengan tingkat perkembangan dan lingkungannya, sehingga kebudayaannya sangat beragam di antara pulau-pulau di Indonesia.

Keberagaman masyarakat Indonesia bukan hanya karena banyaknya suku bangsa yang tinggal di wilayah Indonesia dan tersebar di seluruh Indonesia, tetapi juga karena perbedaan geografis atau faktor alam.

Pts 2 Tema 7 Bagian 2

Masyarakat Sunda yang tinggal di Jawa Barat bercirikan keragaman agrokultur karena kondisi alam yang mendukung pertanian. Hal ini tentu berbeda dengan suku Bajau yang hidup di perairan yang jauh lebih dekat dengan lautan.

Letak wilayah yang berada di kepulauan Indonesia mengakibatkan keragaman suku dan budaya. Bahkan ada pulau-pulau yang terpencil dan tidak terhubung dengan daerah lain. Daerah yang berbeda menghasilkan perbedaan yang berbeda dan ini mengarah pada keragaman etnis dan budaya.

Tentunya setiap suku bangsa memiliki ciri atau keistimewaan tersendiri baik dalam aspek sosial maupun budaya. Menurut sebuah studi tahun 2010 oleh Badan Pusat Statistik, terdapat 1.128 suku bangsa di Indonesia.

Ada banyak suku bangsa di Indonesia berdasarkan asal usulnya, antara lain suku Aceh, Gayo Alas, Batak, Minangkabau dan Melayu yang berasal dari pulau Sumatera. Suku Jawa, Sunda, Badui dan Samin tinggal di pulau Jawa, dan suku Dayak tinggal di Kalimantan. Ada suku Bugis, Manado, Gorontalo dan Makassar di Sulawesi. Wilayah Maluku memiliki suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate. Daerah Bali dan Nusa Tenggara meliputi suku Bali, Lombok, Bima dan Timor. Sedangkan Papua memiliki suku Asmat dan suku Dani.

Ejercicio De Pts Tema 7 Pkn Kd 3.3 Kelas 5

Perubahan proses sosial masyarakat dimana terjadi kerjasama dan persaingan antar pelaku pariwisata. Proses sosial adalah interaksi antar individu, antara individu dengan kelompok, dan antar kelompok berdasarkan potensi atau kekuatan masing-masing.

Akulturasi budaya adalah penerimaan perubahan oleh masyarakat. Akulturasi adalah proses sosial yang terjadi ketika sekelompok orang dari budaya tertentu bertemu dengan unsur-unsur budaya asing. Budaya asing tersebut lambat laun diterima dan dimasukkan ke dalam budaya kelompok itu sendiri, tanpa kelompok itu kehilangan unsur-unsur budayanya sendiri.

Pada umumnya unsur budaya asing yang dipadukan dengan budaya lokal mudah digunakan dan bermanfaat karena mudah disesuaikan dengan kondisi setempat. Penolakan penggabungan budaya hanya berlaku untuk sistem kepercayaan, ideologi, dan filosofi kehidupan.

Undang-Undang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis No. 40 Tahun 2008 menetapkan bahwa ras adalah pengelompokan bangsa berdasarkan ciri fisik dan keturunan.

Keberagaman Agama Di Indonesia: Jenis, Perbedaan, Dan Cara Menjaganya

Setiap orang dibedakan secara rasial dari orang lain berdasarkan ciri fisik seperti warna kulit, warna dan bentuk rambut, bentuk wajah, bentuk tubuh, ukuran tubuh, bentuk dan ukuran tubuh, warna mata dan ciri fisik lainnya.

Ada keragaman ras dalam masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kedatangan warga negara asing di wilayah Indonesia, sejarah berkembang biaknya breed di dunia, serta letak dan kondisi geografis wilayah Indonesia.

Beberapa etnis yang ada dalam masyarakat Indonesia antara lain etnis Melayu-Mongol di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan, dan Sulawesi.

Ras kedua adalah ras Melanesoid yang mendiami wilayah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur. Yang ketiga adalah ras Mongoloid Asia, seperti Cina, Jepang, dan Korea. Trah ini telah menyebar ke Indonesia. Terakhir adalah ras Kaukasoid, yaitu orang-orang dari India, Timur Tengah, Australia, Eropa, dan Amerika.

Soal Uts Misel

Berbagai kondisi alam seperti daerah pesisir, pegunungan, daerah subur, padang rumput, pegunungan, dataran rendah, rawa-rawa, laut menimbulkan perbedaan dalam masyarakat. Begitu juga dengan keadaan sumber daya alam, tumbuh-tumbuhan yang bisa tumbuh, hewan-hewan yang hidup di sekitarnya. Masyarakat di kawasan pesisir berbeda dengan masyarakat pegunungan, misalnya dalam perbedaan rumah tangga, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian, bahkan kepercayaan.

Contoh perilaku yang mencerminkan sikap toleransi adalah menghormati teman yang berdoa, dan tidak mencemooh agama dan kepercayaan teman.

Panchsheel adalah ideologi persatuan nasional dalam kehidupan sehari-hari rakyat serta bekerja dan berfungsi sebagai dasar negara. Pancasila dijadikan dasar untuk mengatur penyelenggaraan pemerintahan yang meliputi bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan.

Berikut yang bukan merupakan bahan tekstil berdasarkan konstruksinya adalah, berikut ini yang bukan merupakan fungsi dari planetary gear adalah, berikut ini yang bukan merupakan tulang anggota badan yaitu, berikut ini yang bukan merupakan cara menangkap peluang usaha adalah, berikut yang bukan merupakan penyebab asma adalah, berikut ini yang bukan merupakan tujuan dari pembuatan reklame, berikut yang bukan merupakan penyedia layanan hosting atau domain adalah, berikut yang bukan merupakan tindakan untuk menghemat energi listrik adalah, berikut bukan merupakan sumber energi terbarukan yang dapat dikembangkan adalah, berikut yang bukan merupakan contoh konstruksi gedung adalah, sebutkan penyebab keberagaman masyarakat indonesia, berikut yang bukan merupakan rukun zakat fitrah adalah

You May Also Like

About the Author: detik