Berikut Yang Termasuk Jenis Satwa Yang Dilindungi Di Indonesia Kecuali

Berikut Yang Termasuk Jenis Satwa Yang Dilindungi Di Indonesia Kecuali – Di dunia, 1771 jenis burung diketahui ada di Indonesia, 562 diantaranya dilindungi. Status ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Menteri Perlindungan Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 200. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018, tanggal 29 Juni 2018, tentang Jenis Tumbuhan Satwa yang Dilindungi.

Selain jenis burung, juga tercantum jenis lain yang dilindungi dalam undang-undang tersebut, yaitu 137 jenis mamalia, 37 jenis reptilia, 26 jenis serangga, 20 jenis ikan, 127 jenis tumbuhan, 9 jenis krustasea, moluska dan moluska. xyphos. juga salah satu jenis amfibi, total ada 919 spesies.

Berikut Yang Termasuk Jenis Satwa Yang Dilindungi Di Indonesia Kecuali

Orangutan adalah ras monyet yang sangat mirip dengan manusia. Jumlah orangutan di seluruh dunia semakin berkurang. Saat ini, hanya tersisa 55.000 orang. Kebanyakan dari mereka tinggal di Pulau Kalimantan, dan 200 lainnya tinggal di Sumatera.

Daftar Jenis Burung Dilindungi

Jumlah orangutan semakin berkurang, dan jumlahnya membutuhkan hutan yang lebat. Kemudian, tempat tinggal mereka ditempati paksa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pada tahun 2017, jumlah spesies kadal raksasa ini hanya 3012. Angka ini meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Karena kelangkaannya, pemerintah menjadikan Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur sebagai taman nasional dan suaka komodo. Salah satu hal yang mempersulit penangkaran komodo adalah proses perkawinannya.

Ada 7 jenis penyu, 6 diantaranya hidup di Indonesia. Karena banyaknya spesies penyu yang hidup di Indonesia, pemerintah pun melindungi satwa tersebut dengan mengadakan penangkaran di berbagai daerah. Diantaranya Pulau Tanjung Benoa, Bali, Pulau Seribu, Lombok.

Untungnya, di Indonesia, orang percaya bahwa kura-kura adalah binatang yang membawa keberuntungan. Oleh karena itu, mereka juga sangat membantu dalam merawat penyu.

Warga Agam Serahkan Satwa Langka Kura Kura Kaki Gajah Ke Bksda

Tarsius adalah primata langka asli Sulawesi dan Kalimantan. Monyet ini bertubuh kecil berwarna coklat dan bermata besar serta suka bergelantungan di dahan pohon seperti koala. Tarsius tidak bisa menyentuh tanah karena terus melompat dari pohon ke pohon.

Pembukaan lahan hutan secara ilegal telah mengurangi jumlah hewan ini. Karena itu, pemerintah melindungi hewan kecil ini. Tarsius ditemukan di hutan Sulawesi.

Harimau sumatera diprediksi akan punah pada tahun 2050. Hal yang paling mengkhawatirkan adalah terancam punah, dengan kurang lebih 300-400 subspesies harimau sumatera tersisa di alam liar. Pembukaan sejumlah besar perkebunan kelapa sawit ilegal telah merusak habitat harimau. Bahkan, jika dibiarkan, populasinya diperkirakan akan hilang pada tahun 2050.

Badak bercula satu adalah salah satu dari lima spesies badak yang masih hidup di dunia. Di Pulau Jawa, hewan ini hanya terdapat di Taman Nasional Badak Banten, kawasan Ujung Kulon. Dulu, banyak orang berburu badak, sehingga jumlah spesies badak berkurang. Sekarang tersisa 50-60.

Selain Kanguru Dan Koala, Ini Beberapa Jenis Hewan Endemik Asli Dari Negara Australia

Cendrawasih, hewan kebanggaan khas Papua. Meski banyak diekspor ke berbagai negara, empat jenis burung cendrawasih hanya ditemukan di Papua. Wisata burung cendrawasih bisa dilakukan di Isio, Jalan Korea dan Ganteban yang terletak di Kecamatan Nimbokrang, Kabupaten Jayapura.

Di Sulawesi, Anda bisa melihat banteng terkecil di dunia yaitu Anoa. Anoa juga memiliki julukan yang diberikan oleh masyarakat setempat yaitu sapuitan. Artinya sapi hidup di hutan. Karena dia juga berkerabat dengan banteng, kecepatan larinya bisa mencapai 10 km/jam.

Anoa memiliki sepasang tanduk seperti banteng. Hanya saja, ukuran anoa lebih kecil dari banteng biasa. Sayangnya, banyak orang yang tidak bertanggung jawab memburu hewan-hewan tersebut untuk dikonsumsi.

Saat ini populasi Anoa di Sulawesi hanya tinggal 2.469 ekor. Hal ini menjadikannya salah satu hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Masih ada lingkungan hidup yang asri di dalam hutan, khususnya di kawasan Gunung Ambang.

Panduan Identifikasi Jenis Satwa Liar Dilindungi Aves

Jenis burung maleo hidup di dataran rendah dan pegunungan Sulawesi. Sencavor maleo masih banyak dijumpai di daerah Gorontalo. Namun jumlahnya tidak banyak, hanya sekitar 10 ribu orang. Penurunan populasi maleo ini disebabkan ukuran telurnya yang 5 kali lebih besar dari telur ayam.

Karena itu, banyak orang yang tertarik untuk mendapatkannya. Untungnya, setelah dinyatakan sebagai satwa yang dilindungi, populasi burung ini berangsur-angsur meningkat.

Di Jawa dan Sumatera saja. Merak sebenarnya ditemukan di Malaysia dan India. Hanya satu hal yang berbeda antara burung merak Jawa dan Sumatera. Mereka memiliki bulu berwarna-warni dan jelek. Beberapa negara hanya memiliki satu pola merak, seperti biru atau hijau. Sementara itu, Indonesia memiliki corak yang berbeda, salah satunya merak putih.

Meskipun kami bukan pejabat pemerintah, kami memiliki tanggung jawab sebagai warga negara yang baik untuk melindungi habitat dan ekosistemnya. Jangan sampai binasa di tangan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Hewan Langka Di Taman Nasional Baluran Jawa Timur

“Daftar tambahan jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi pada 20/2018, yaitu 241 jenis atau 26 persen dari daftar yang telah ditetapkan dalam lampiran Keputusan Pemerintah No. 201.7 Tahun 1999 (PP.7/1999), tentang konservasi tumbuhan dan tumbuhan. jenis satwa,” jelas Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Wiratno dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/8/2018).

Masyarakat dapat menghubungi Call Center Direktorat KKH, Gedung Manggala Wanabhakti, Blok VII, Lantai 7, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta (Telepon: 081315003113) Liputan6.com, Jakarta Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman flora. dan fauna. Meski beragam, banyak spesies yang langka dan hampir punah. Ada beberapa spesies hewan langka dan daerah terpencil.

Meski beberapa hewan langka ini hidup di daerah terpencil, namun beberapa orang ingin berburu hewan ini untuk keuntungan pribadi. Namun, tidak banyak orang yang bisa menangani semua daerah terpencil tersebut.

Lokasi strategis ini merupakan hewan unik dan langka. Banyak pulau di Indonesia telah dijadikan sebagai habitat bagi hewan langka yang ditemukan dimanapun di dunia.

Hewan Langka Di Indonesia

Berikut beberapa spesies hewan langka dan daerah asalnya yang perlu dilindungi dari kepunahan. Liputan6.com telah menghimpun dari berbagai sumber, yakni delapan spesies hewan langka beserta tempatnya yang patut diketahui, Rabu (2/10/2019).

**Gempa Cianjur meluluhlantakkan Bumi di Kandang, bersama-sama kita bisa meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur melalui: Rekening No. BCA: 500 557 2000 Yayasan A.N Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan meliputi makanan, layanan medis, tempat tinggal, dll. diungkapkan dalam bentuk menjaga Kami adalah harapan mereka.

Cenderawasih merupakan satwa endemik yang termasuk dalam famili Paradisaeidae atau burung cendrawasih. Burung megah dan berwarna-warni ini merupakan spesies langka yang ditemukan di Papua, pulau paling timur Indonesia.

Burung cendrawasih, terutama spesies jantan, memiliki bulu yang sangat indah dan berwarna cerah serta ekor panjang yang menggantung anggun dari tubuhnya.

Kini 919 Jenis Tumbuhan Dan Satwa Liar Di Indonesia Dilindungi Undang Undang

Cenderawasih memiliki beragam warna campuran pada tubuhnya mulai dari kuning, coklat, merah, jingga, biru dan ungu.

Selain Sendravasih, ada pula burung merak yang termasuk dalam famili Phasianidae. Merak adalah spesies langka dan berasal dari pulau Jawa dan Sumatera.

Tapi burung merak juga ditemukan di India dan Malaysia. Namun, burung merak kedua negara ini berbeda dengan burung merak Indonesia. Burung merak di Indonesia memiliki ciri khas yang unik yaitu bulunya yang berwarna-warni.

Selain itu, ada berbagai jenis burung merak dan beberapa di antaranya memiliki warna bulu yang berbeda. Burung merak memiliki sifat yang tenang, namun terkadang burung merak bisa menjadi agresif.

Tolong Dijawab Jangan Ngasal,besok Dikumpulkan​

Monyet wolai atau monyet hitam merupakan hewan langka asli Sulawesi dan perlu dilindungi. Seperti namanya, monyet ini memiliki rambut hitam di sekujur tubuhnya, kecuali rambut perak di pundaknya.

Monyet hitam ini langka dan hampir punah. Menurut IUCN Redist, monyet hitam tersebut berstatus Critical Protection Rhinoceros (Crisis). Monyet hitam adalah hewan sosial karena monyet hitam hidup dalam kelompok yang terdiri dari 5 hingga 25 individu atau lebih.

Biasanya terdapat kera betina yang lebih dewasa daripada kera jantan dalam kelompok ini. Pertumbuhan populasi manusia menjadi ancaman besar bagi kelangsungan hidup monyet hitam ini.

Mengenai asal usulnya, sebagian besar spesies monyet ini hidup bebas di beberapa pulau kecil di sekitar Sulawesi.

Nusatrip Blog (travel Online

Badak Jawa, atau badak bercula satu yang lebih pendek, adalah spesies langka lainnya di Indonesia. Badak ini ditemukan di pulau Jawa.

Jumlah badak jawa semakin berkurang setiap tahunnya. Badak Jawa sulit bereproduksi dan hanya bisa hidup selama 80 tahun.

Komodo adalah salah satu hewan terbesar di dunia, langka dan hampir punah. Hewan endemik ini hanya hidup di daerah tertentu. Komodo hidup di Pulau Komodo, Rinca, Padar dan Flores.

Beberapa orang telah mengamati ukurannya yang besar dan menyimpulkan bahwa komodo adalah kadal tertinggi dan terbesar di dunia. Hal itu dibuktikan dengan panjang tubuhnya yang mencapai tiga meter.

Mengenal Anoa, Satwa Langka Endemik Sulawesi

Komodo juga kerabat dekat dinosaurus dan beberapa spesies prasejarah tertua masih hidup sampai sekarang. Hal ini terbukti dari ditemukannya fosil beberapa jenis dinosaurus yang menunjukkan kemiripan struktur tubuh dengan komodo.

Anoa termasuk spesies langka dan berasal dari Sulawesi. Anoa adalah kerbau yang berukuran sangat kecil. Anoa hidup di dataran rendah dan pegunungan.

Banyak hewan diburu untuk dimakan. Ya, seperti jenis kerbau lainnya, Anoa bisa dimakan. Namun konsumsi daging anoa bisa memabukkan, sehingga sebaiknya tidak dimakan.

Orangutan Sumatera adalah spesies orangutan yang paling langka. Seperti namanya, orangutan sumatera hidup dan endemik di Sumatera. Orangutan Sumatera lebih kecil dari orangutan Kalimantan.

Hewan Purba Yang Masih Hidup Di Indonesia

Orangutan Sumatera sangat mirip dengan orangutan Kalimantan, hanya saja ukurannya lebih kecil. Orangutan sumatera liar merupakan hewan hemat dan hanya hidup di provinsi Aceh.

Garuda Jawa adalah sejenis elang

Satwa dilindungi di indonesia, satwa yang dilindungi, berikut termasuk fungsi vitamin c kecuali, berikut termasuk alat musik perkusi kecuali, satwa liar yang dilindungi, berikut termasuk jenis iklan media cetak kecuali, berikut ini yang termasuk bagian tengah telinga kecuali, jenis satwa yang dilindungi, daftar satwa yang dilindungi, berikut yang termasuk permainan bola besar kecuali, satwa yang dilindungi di indonesia, satwa langka yang dilindungi

You May Also Like

About the Author: detik