Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Yang Hilang

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Yang Hilang – Kurangnya sinyal satelit bisa terjadi pada siapa saja. Baik itu pengguna antena satelit C-band yang melakukan tuning ke Asiasat 5, Palapa D dan Telkom 4. Atau pengguna antena mini Ku-band yang melakukan tuning ke Measat 3a, Chinasat 11, SES 9 dan JCSAT 4B.

Sering terjadi pada musim hujan, terutama setelah hujan deras disertai angin kencang. Kualitas sinyal turun menjadi 0% (Tidak ada sinyal), akibatnya semua saluran TV hilang. Bagaimana menemukan sinyal satelit yang hilang?

Cara Mencari Sinyal Nex Parabola Yang Hilang

Yang dimaksud artikel tersebut adalah parabola tidak ada sinyal sama sekali, tidak berfungsi dan hanya berfungsi saat hujan. Jika Anda pengguna Ku-band, baca Cara mengatasi sinyal satelit hilang saat hujan. Masalah kecenderungan presipitasi menjadi bahaya saat menggunakan kelompok Ku.

Nex Parabola Tidak Ada Sinyal, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Teks Tidak ada sinyal atau Tidak ada sinyal menunjukkan bahwa penerima tidak menerima sinyal satelit. Mungkin karena arah parabola tidak tepat, pohon terhalang, LNB terputus, DiSExC switch rusak, receiver error, parabola tergores (sekop), kabel putus, konektor berkarat , dll.

Pertimbangkan jasa teknisi jika Anda kesulitan memprogram parabola tanpa sinyal. Bagi yang ingin mencobanya sendiri, baca penjelasannya di bawah ini.

Putuskan sambungan konektor kabel dari antena satelit yang terhubung ke port belakang penerima, lalu pasang kembali ke stopkontak. Periksa apakah sudah terpasang dengan benar, lalu hidupkan receiver dan lihat hasilnya.

Jika ternyata masih belum ada sinyal, periksa kabel mulai dari bukaan receiver hingga konektor pada parabola. Cari bagian kabel yang berkarat, bengkok parah, atau putus. Apakah ada yang rusak? Cobalah untuk membersihkannya dan mengembalikannya ke posisi tegak. Jika tetap tidak ada sinyal, masalahnya mungkin ada di kabel Anda, untuk memastikannya kita perlu menguji LNB.

Cara Mencari Siaran Tv Parabola Reseiver Venus Hd Meteor (update), Setelah Hilang Lagi

Perhatikan besaran kekuatan sinyal pada pengaturan receiver. Biasanya intensitasnya meningkat menjadi 40-70% meskipun masih belum ada pelacakan parabola. Itu berarti kabel normal dan LNB. Tahukah Anda bahwa pada receiver lama kekuatan sinyal disebut koneksi Fs LNB.

Jika intensitasnya ternyata 0%, berarti sinyal tidak masuk ke penerima. Ini mungkin karena kabel putus atau LNB tidak dapat menerima sinyal.

Untuk itu kami harus mengujinya dengan LNB normal yang bekerja 100%. Hubungkan LNB biasa ke kabel yang menuju ke penerima. Teknisi biasanya menggunakan jumper LNB pendek untuk pengujian yang lebih akurat.

Jadi, jika kekuatan sinyal sekitar 10-30%, mungkin sensitivitas LNB terhadap sinyal melemah. Bisa juga karena ada konektor kabel yang kendor atau kabel menjadi rapuh. Bersihkan LNB dan konektor yang berkarat, karena dapat mempengaruhi sinyal.

Cara Menambah Siaran Tv Satelit Pada Receiver Nex Parabola, Gratis

Ada kasus sarang semut di LNB yang menyebabkan salah satu tiang meledak (foto di bawah). Bahkan di kelompok antena satelit ada yang membagi LNB seperti sarang burung. Akhirnya parabola hilang, kita harus membersihkan LNB dan berharap masih berfungsi.

Untuk mendapatkan lebih banyak saluran, orang biasanya menutup 2-3 satelit di parabola. Perangkat yang digunakan untuk memasang beberapa LNB disebut saklar DiSExC. Kerusakan pada komponen ini juga dapat mengakibatkan hilangnya sinyal parabola.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa LNB. Lepas LNB dari sakelar DiSExC dan colokkan kabel langsung ke penerima. Tes semua LNB yang digunakan, ganti yang rusak.

Langkah selanjutnya adalah memeriksa semua port sakelar DiSExC. Caranya dengan memasang LNB normal di setiap port dan memastikan setting receiver juga berubah (lihat gambar di bawah). Perhatikan perubahan intensitas LNB, jika intensitasnya 0% berarti port tidak bekerja.

Cara Mencari Sinyal K Vision Yang Hilang Secara Praktis!

Yang paling populer adalah kunci 4×1, jadi Anda harus memeriksanya minimal 4 kali. Jangan buru-buru mengganti DiSExC baru jika hanya 1 port yang rusak. Minimal 2 normal, tidak ada masalah menghubungkan Palapa D dan Telkom 4. Jika Anda membutuhkan semua port, Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Kekuatan sinyal dinaikkan, namun kualitas sinyal (SK) masih 0%, artinya arah antena tidak tepat. Kontainer dapat berpindah karena beberapa alasan, seperti hujan, angin, usia, atau ditendang oleh kucing. Untuk mengembalikan saluran TV yang hilang ke parabola, Anda perlu melacak ulang.

Cara mudah untuk menemukan arah parabola adalah dengan menggunakan program pelacakan seperti Dish Pointer dan Dish Director. Cukup pilih satelit target, aplikasi akan secara otomatis menampilkan arah berdasarkan sudut azimuth dan elevasi.

Pasang parabola sesuai dengan informasi yang diberikan oleh aplikasi. Selain itu, penyesuaian manual dengan mengubah perlahan dengan memperhatikan sinyal yang diterima. Usahakan mendapatkan kualitas/kekuatan sinyal di atas 60%. Semoga transmisi lancar dan tidak bermasalah saat hujan.

Cara Mengatasi Nex Parabola Tidak Ada Sinyal Setelah Ota

Teknisi biasanya menggunakan alat bernama Satfinder. Mencari sinyal satelit jelas lebih akurat daripada aplikasi seluler. Satfinder juga dilengkapi dengan layar yang dapat dihubungkan ke receiver, sehingga lebih mudah untuk mengecek perubahan sinyal. Harga? Mahal

Untuk pengguna parabola, hati-hati terhadap goresan, jaring yang sobek, atau karat. Bersihkan benda asing yang jatuh ke wastafel. Untuk goresan, sebaiknya coba kembalikan ke kondisi semula dengan memberikan tekanan. Jaring yang sobek bisa dijahit dengan kawat halus.

Oh ya, ranting pohon yang menghalangi arah parabola ke satelit juga bisa menyebabkan No signal lho. Istirahat saja jika perlu atau pindahkan parabola ke lokasi lain. Beberapa hal di atas terkesan sepele, namun seringkali menyebabkan parabola tidak ada sinyal sama sekali.

Penerima terkadang melakukan pembaruan perangkat lunak otomatis menggunakan sinyal satelit (Over The Air atau OTA). Proses pembaruan terganggu, misalnya karena listrik padam, yang dapat menyebabkan perangkat lunak macet. Ini menyebabkan mata merah, berkilau dan tidak ada penerima sinyal.

Cara Mudah Mengetahui Smc Id Receiver Nex Parabola

Solusi untuk mengatasi adalah memprogram ulang receiver, bila perlu kembali ke pengaturan pabrik. Bicaralah dengan teknisi Anda untuk detail lebih lanjut. Peranti lunak yang diperbarui biasanya dapat ditemukan di situs web resmi produsen receiver atau kelompok pengguna satelit.

Mengenai masalah peranti lunak, cukup sulit untuk mendeteksi kerusakan pada peranti keras penerima. Cara mudah untuk mengujinya adalah dengan menggunakan receiver lain yang 100% normal (pinjam tetangga).

Sebelum memeriksa, pastikan pengaturan antena, termasuk DiSExC, sudah benar. Jika ternyata hasilnya bisa memahami sinyal dengan benar, berarti receiver Anda mengalami error. Sebaliknya, jika keduanya mati sinyal, kemungkinan ada kendaraan tempur yang bermasalah.

Cara memperbaiki receiver yang tidak ada sinyal harus dibongkar dan komponen diganti. Cacat biasanya pada transistor atau resistor MPEG. Solusi untuk masalah ini agak rumit, lihat video di bawah untuk penjelasan detailnya.

Cara Mencari Siaran Tv One Di Parabola Telkom 4 Terbaru

Nah, rumit bukan? Lebih baik serahkan pada ahlinya. Oh ya, jika receiver Anda masih bergaransi, jika tidak klaim garansinya. Banyak kasus receiver yang rusak kemudian diganti dengan yang baru dari toko.

Jika hanya 1-2 channel yang tidak ada sinyal sedangkan sisanya normal, mungkin karena frekuensi siarannya sudah berubah. Contohnya adalah saluran JTV 3946 V di Palapa D yang dipindahkan ke 3880 H. Cara memprogram parabola yang tidak ada sinyal, tinggal scan saja Palapa D atau tambah frekuensi baru dan scan manual.

Cara mengembalikan channel TV yang hilang di parabola itu mudah, gampang, susah. Jangan terburu-buru naik ke papan untuk memindahkan panci. Terkadang solusinya sangat sederhana, cukup lepas dan sambungkan kembali kabel antena. Terkadang kamu harus melakukan full check karena perlengkapan tempur rusak.

Penyebab hilangnya sinyal parabola sering kali disebabkan oleh kerusakan pada konektor kabel, LNB, dan DiSExC. Sesuatu yang wajar, karena perangkat jatuh dalam hujan dan panas tanpa perlindungan. Belum lagi masalah karat, debu yang menumpuk dan gangguan hewan.

Receiver Nex Parabola

Jika tidak ada sinyal yang ditampilkan pada K-Vision, kata Decoder tidak dapat menerima sinyal akan muncul. Solusinya kurang lebih sama seperti di atas. Bedanya di K-Vision kita bisa menghubungi customer support untuk mendapatkan bantuan.

Maaf jika tidak ada detail dalam artikel ini tentang cara menemukan parabola yang hilang. Banyak sekali kemungkinan yang bisa menjadi sumber masalah dan harus dicek. mereka bahkan tidak membahas kehilangan polaritas saluran vertikal dan horizontal. Itu saja, terima kasih telah berkunjung Siapa yang tidak keberatan jika sinyal satelit hilang. Apalagi bagi pengguna parabola yang masih belum tahu atau belum tahu penyebabnya pasti pusing.

Sinyal pada parabola merupakan bagian terpenting jika ingin menonton siaran TV, baik melalui satelit Palapa D maupun Telkom 4.

Jika sinyal lemah atau tidak kuat, maka siaran yang diterima akan rusak atau mirip dengan kaset DVD yang rusak.

Sinyal Tv Parabola Hilang Saat Mendung Atau Hujan, Begini Cara Mengatasinya Halaman 1

Sedangkan untuk menerima sinyal parabola, agar kuat atau tidak hilang, diperlukan perangkat yang mumpuni. Seperti parabola, apakah jaring/berongga atau padat, harus bagus dan akurat, atau tidak tergores.

Kemudian, alat penerimanya juga harus bagus. Karena masing-masing atau jenis penerima dalam menerima sinyal akan memiliki sensitivitas yang berbeda.

Lalu ada komponen LNB, kalau mau sinyal kuat tentu harus punya yang bagus. LNB itu sendiri terletak di tengah parabola. Selain itu, kabel dapat mempengaruhi kualitas sinyal itu sendiri.

Ada 2 jenis parabola yang biasa dipasang di rumah-rumah, yaitu jenis besar yang biasanya sistem penerima C-Band, dan jenis kecil dengan penerima KU-Band.

Cara Mencari Siaran Tv Parabola Reseiver Venus Hd Meteor

Sedangkan C-Band adalah yang paling banyak dipasang. Karena bisa diandalkan saat hujan atau semacamnya, dibandingkan dengan KU-Band, sinyal biasanya turun saat mendung.

Sebelum beberapa stasiun TV memperkenalkan sensor atau sistem acak, parabola laris manis ke masyarakat di Indonesia. Karena kualitas transmisi yang diterima jauh lebih baik dari antena UHF atau VHF.

Selain itu, pengguna tidak hanya dapat menerima saluran TV dari satelit Telkom 4 atau Palapa D, tetapi juga dapat menerima sinyal dari luar negeri.

Tapi masalahnya tidak semua orang dididik dalam perumpamaan. Jadi ketika ada masalah seperti sinyal satelit hilang pasti bingung. Dan terakhir, panggil teknisi untuk memperbaiki masalah, yang pasti akan dikenakan biaya servis.

Solusi, Parabola Ku Band Tak Ada Sinyal Saat Hujan Dan Mendung Tebal

Penyebab pertama tidak adanya sinyal parabola adalah kabel dari parabola atau LNB ke receiver tidak tersambung. Sedangkan ciri dari masalah ini adalah intensitas sinyal di penerima yang terlihat di layar TV yang tampak 0 persen.

Jika Anda mengalami masalah sinyal 0 persen, coba periksa konektor kabel dari LNB ke receiver. Juga, periksa apakah konektor dalam kondisi baik. Kemudian periksa juga masalah kabel.

Jadi buat kalian yang mengalami kendala seperti itu, jangan

Mencari sinyal parabola yang hilang, cara mencari sinyal di nex parabola, cara mencari sinyal receiver nex parabola, cara mencari sinyal parabola yang hilang, cara mencari sinyal parabola venus yang hilang, cara mencari sinyal nex parabola ku band, cara mencari siaran nex parabola yang hilang, cara mencari sinyal nex parabola, cara mencari sinyal tv nex parabola, cara mencari sinyal digital nex parabola, cara mencari sinyal nex parabola mini, cara mencari sinyal mola nex parabola

You May Also Like

About the Author: detik