Gaji UMR Madura Berapa

Gaji UMR Madura Berapa
detikinfo.megazio.com.co.id

detikinfo.megazio.com – Pulau Madura merupakan sebuah pulau yang lebih kecil dari Bali dengan luas wilayah kurang dari 5.250 km2. Meski begitu, di pulau penghasil garam ini gaji UMR Madura seringkali dipertanyakan.

Sebelum kita membahasnya, kita akan mengenal lebih jauh tentang Pulau Madura terlebih dahulu. Jadi, pulau ini merupakan sebuah pulau yang memiliki jumlah penduduk kurang dari 4 juta jiwa dan wilayah administrasinya terbagi ke dalam empat kabupaten yaitu terdiri atas Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Gaji UMR pada masing – masing daerah tersebut berapa? Berikut kami berikan ulasan selengkapnya untuk Anda!

Gaji UMR Madura

Sebelum kita membahas tentang gaji UMR Madura di masing – masing wilayah, kita akan mengenal juga pada masing – masing wilayah Kabupaten Madura yang terdiri atas Kabupaten Bangkalan, Sampang, Sumenep dan Pamekasan.

1. Kabupaten Bangkalan

Gaji UMR Bangkalan
Gaji UMR Bangkalan

Kabupaten Bangkalan merupakan sebuah kabupaten yang memiliki 18 kecamatan dan terbagi lagi ke dalam beberapa desa dan kelurahan dengan pusat pemerintahan yang berada di Kecamatan Bangkalan. Kabupaten Bangkalan ini berada di bagian ujung barat Pulau Madura.

Kabupaten Bangkalan berbatasan secara langsung dengan laut Jawa yang ada di sebelah Utara, kabupaten Sampang pada bagian timur, serta selat Madura di bagian barat dan selatan. Untuk pergi ke Bangkalan, sekarang sudah tidak perlu naik perahu seperti dulu karena sudah ada jembatan penghubung yaitu jembatan Surabaya yang menghubungkan Surabaya dengan Madura.

Jembatan Suramadu ini sendiri kini telah menjadi jembatan terpanjang dan terbesar yang ada di Indonesia. Bangkalan sendiri menjadi suatu kawasan perkembangan dari Surabaya yang tercakup ke dalam lingkup gerbang kertosusila.

Gaji UMR Madura untuk kabupaten Bangkalan pada tahun 2021 sebesar Rp 1.954.705,75. Angka ini tidak mengalami kenaikan sejak tahun 2020.

2. Kabupaten Pamekasan

Gaji UMR Pamekasan
Gaji UMR Pamekasan

Kabupaten Pamekasan merupakan sebuah kabupaten di Pulau Madura yang terdiri atas 13 distrik dan terbagi ke dalam 178 desa serta 11 kelurahan. Kabupaten ini berada di perlintasan jalur jaringan jalan Sampang menuju Sumenep.

Pamekasan termasuk salah satu daerah ramai di Madura meski sebagian besar wilayahnya masih berupa distrik atau desa. Mengenai kisaran gaji di Pamekasan ditetapkan sebesar Rp 1.913.321,00 di tahun ini.

3. Kabupaten Sampang

Gaji UMR Sampang
Gaji UMR Sampang

Kabupaten Sampang merupakan wilayah di Madura yang terkenal dengan Tari Sorong Kasereng sebagai tarian tradisional khas Sampang, Madura. Tarian ini biasanya dimainkan oleh anak nelayan ketika air laut sedang dalam kondisi pasang.

Tarian ini merupakan tarian yang menggambarkan kegembiraan seseorang atas rezeki yang Tuhan berikan melalui laut pasang. Saat ini tari sorong kasereng tidak hanya dimainkan anak nelayan saja melainkan juga sering ditampilkan dalam berbagai event yang dihadiri oleh pejabat. Tarian ini biasanya dipertontonkan dengan diiringi alunan musik khas Madura yang biasa disebut sebagai Saronen.

Selain terkenal dengan tariannya, banyak orang yang ingin tahu tentang gaji UMR Madura khususnya di wilayah Sampang. Untuk tahun ini, gaji untuk wilayah Sampang ditetapkan masih sama dengan Kabupaten Pamekasan senilai Rp 1.913.321, 00.

4. Kabupaten Sumenep

Gaji UMR Sumenep
Gaji UMR Sumenep

Untuk wilayah Sumenep, gaji yang ditetapkan sama dengan gaji Bangkalan yaitu sebesar Rp 1.954.705 ,00. Selisih tipis dengan Sampang dan Pamekasan. Sumenep merupakan sebuah kabupaten yang sangat unik karena hampir seluruh wilayahnya adalah kepulauan.

Luas kabupaten ini mencapai 2.093,47 km persegi dan terdiri atas 28 kecamatan. Kabupaten ini memiliki jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa. Di sini, hampir sebagian warganya masih tergolong sebagai warga kurang mampu.

Kemudian wilayah kepulauannya terbagi menjadi sembilan kecamatan yang terdiri atas 126 buah pulau kecil dan 78 di antaranya merupakan pulau tak berpenghuni.

Jika gaji UMR Madura tergolong kecil, ada wilayah di Jawa Timur dengan gaji UMR yang bisa dibilang fantastis jika dibandingkan wilayah lain. Wilayah tersebut adalah Sidoarjo. Berapa gaji UMR di Sidoarjo?, baca : Gaji UMR Sidoarjo Terbaru, Cek Dulu!

Itulah sedikit informasi yang kami dapat berikan tentang wilayah yang ada di Madura beserta gaji UMR Madura pada masing – masing wilayah. Semoga informasi yang kami berikan semakin menambah wawasan Anda.

#Gaji #UMR #Madura #Berapa

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik