Hal yang perlu diperhatikan agar umur gadget tahan lama

Hal yang perlu diperhatikan agar umur gadget tahan lama
detikinfo.megazio.com

Hal yang perlu diperhatikan agar umur gadget tahan lama

detikinfo.megazio.com – Manusia sudah melekat dengan keberadaan gadget dan internet yang terus berkembang dengan pesat.

Hampir semua orang memiliki kebiasaan baru dengan gadget mereka yang membuat gaya hidup seseorang juga ikut berubah.

Bahkan tak sedikit orang yang saling bersaing untuk membeli gadget dengan spesifikasi paling bagus hanya sekedar gengsi kepada teman-teman nya di kampus, sekolah atau di circle mereka.

Namun, tahukah kalian bahwa banyak sekali kebiasaan buruk yang justru bisa memperpendek umur gadget yang anda miliki tersebut.

Nah, untuk menghindari gadgetmu cepat rusak akibat ulah dari tangan mu sendiri yang tidak disadari, maka berikut ini adalah informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan agar usia gadgetmu bisa bertahan lebih lama lagi.

Jaga suhu ponsel

Suhu ponsel juga mempengaruhi keawetan gadget yang anda miliki, terutama ketika ponsel berada pada ruangan yang memiliki suhu terlalu panas, maka ponsel tersebut cenderung akan cepat rusak.

Hal ini juga termasuk untuk ponsel yang ditaruh di panas terik matahari. Suhu matahari justru dapat memperpendek umur smartphone kalian karena secara langsung layar smartphone akan menangkap panas lebih banyak yang menybabkan suhu mesin menjadi naik.

Biasanya ketika suhu ponsel mencapai pada titik tertentu, maka secara otomatis ponsel tersebut akan melakukan shut down otomatis untuk melindungi mesin dari kerusakan yang semakin parah.

Proses charging di dekat jendela yang terpapar sinar matahari juga akan terganggu, karena ponsel akan memakan daya yang lebih banyak ketika suhu ruangan cukup tinggi.

Jangan isi daya ponsel ketika tidur

Umunya, semua ponsel android dan ios memilik daya tahan batere hingg seharian untuk keperluan standar orang normal beraktivitas menggunakan smartphone.

Ketika pengguna pulang dari aktivitas sehari-hari, biasanya batere ponsel menyisakan sedikit, yang artinya sebelum tidur adalah waktu yang tepat untuk melakukan charging smarpthone.

Namun, tahukah kamu bahwa melakukan pengisian daya smartphone ketika tidur malam adalah sangat berbahaya, terutama bagi smartphone yang belum memiliki fitur auto cut tegangan listrik.

Bahkan Apple pernah mengatakan bahwa ketika ponsel sudah terisi daya sebanyak 100% maka tegangan akan otomatis diputuskan.

Kemudian ketika daya batere mengalami penurunan di angka 99%, maka batere akan kembali diisi daya dengan kekuatan 2x lipat daripada sebelumnya.

Hal ini bisa mempengaruhi umur batere smartphone yang kamu miliki karena ketika tidur kamu tidak akan bisa mengendalikan waktu pengisian daya yang tepat.

Pengisian daya paling ideal adalah , melakukan pengecasan ketika daya diatas 10% dan melepaskan kabel pengisian daya ketika batere berada dibawah 95%.

Jangan sengaja merendam smartphone meskipun anti air

Beberapa smartphone mahal biasanya dibekali dengan teknologi anti air yang bersertifikat resmi dan mampu tenggelam di air pada tekanan tertentu.

Fitur ini sebenarnya bukan sembarang fitur, karena kebutuhan keamanan penggunaan smartphone selama dipakai setiap orang adalah berbeda beda.

Pada umunya, batas wajar smartphone tenggelam diair adalah dalam durasi pendek, yakni antara 5 menit hingga 30 menit.

Namun, sangat salah apabila kamu tanpa alasan merendam smartphone mu dalam waktu yang lebih lama bahkan hingga berjam-jam.

Hal tersebut tentu saja akan mengancam kesehatan smartphone mu meskipun memiliki fitur anti air.

Jangan biarkan batere hingga 0%

Banyak sekali kasus yang menyebutkan bahwa smartphone akan menemui masalah seperti sulit untuk di isi daya ketika terlalu sering mengisi daya mulai dari 0%.

Presentase batere paling ideal dan paling baik untuk memakai smartphone yaitu antara 20% hingga 80%. Maka dari itu, jangan pernah membiarkan smartphone anda turun dibawah 20% untuk melakukan pengecasan dan juga jangan pernah mengisi daya hingga lebih dari 80%.

Skenario yang paling ideal adalah mengisi daya hingga 50% saja, jadi setengan dari ion lithium yang ada di lapisan lithium cobalt oxide dan yang setengahnya lagi disimpan di lapisan grafit.


Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usia smartphone yang kalian miliki lebih tahan lama dan bisa digunakan dengan nyaman sepanjang waktu.

#Hal #yang #perlu #diperhatikan #agar #umur #gadget #tahan #lama

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik