Ide bisnis makanan tradisional yang laris

Ide bisnis makanan tradisional yang laris
detikinfo.megazio.com

Ide bisnis makanan tradisional

detikinfo.megazio.com – Makanan tradisional bisa menjadi makanan alternatif bagi masyarakat ketika bosan dengan makanan modern yang saat ini cukup banyak bermunculan. Terlebih bagi seseorang yang sedang berada di daerah lain untuk mengerjakan suatu urusan kegiatan, bisa mencicipi dan menikmati makanan tradisional khas daerah tentunya akan sangat menyenangkan.

Makanan tradisional dari daerah lain terkadang memiliki daya tarik dan mengundang rasa penasaran juga bagi siapa saja yang ingin merasakan citarasa yang berbeda dari apa yang biasa dinikmati, karena makanan tradisional memiliki perbedaan-perbedaan dari segi rasa antara makanan satu dengan yang lainnya,.

Dari sisi bisnis tentunya banyak pilihan produk yang bisa di pasarkan dan menjadi keuntungan tersendiri dan persaingan antar pelaku bisnis menjadi bisa dihindari. Persaingan ini bisa dihindari walau banyak pebisnis kuliner, alasannya adalah menu-menu  di pasarkan pastinya bisa berbeda-beda. Terlebih lagi dalam dunia kuliner selalu menuntut adanya produk baru agar konsumen tidak bosan menikmatinya.

Contoh makanan tradisional yang bisa dijadikan bisnis

Untuk menambah inspirasi anda yang akan terjun menjalankan dunia usaha kuliner ataupun  anda yang sedang menjalaninya. Berikut ada beberapa menu makanan tradisional  yang bisa dijadikan refernsi atau ide baru  sebagai variasi menu hidangan untuk konsumen.

Mie Aceh

Pecinta mie  di Indonesia tentunya sangat banyak keberadaannya, mie pun memiliki banyak variasi yang sudah di hidangkan di berbagai rumah makan ataupun kedai makanan. Mie aceh tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi konsumen pecinta mie  terutama yang penasaran ingin mencicipi olahan makanan tradisional khas serambi mekah ini.

Mie aceh mempunyI ciri khas dari jenis mie yang digunakan yakni berwarna kuning dan tebal, dari sisi cita rasa yang paling mencolok adalah rasa pedas dan gurih yang di hasilkan dari kuahnya  berupa kari. Sebagai pelengkap dari mie aceh ini adalah aneka irisan daging, bisa berupa ayam atau sapi atau juga bisa dengan irisan sea food seperti udang dan cumi.

Ayam Betutu Khas Bali

Tak beda jauh dengan mie, kuliner berbahan dasar daging ayam pun sangat banyak penggemarnya. Bisa jadi makanan olahan berbahan dasar ayam ini menjadi menu yang wajib ada di setiap rumah makan. Contoh makanan olahan yang berbahan dasar daging ayam  adalah ayam betutu yang merupakan makanan tradisional khas  Bali. Ayam betutu memiliki Rasa dan penyajian yang unik, karena menggunakan aneka rempah-rempah yang bervariasi dan di sajikan berupa ayam utuh.

Selain itu cara memasaknya dengan cara di panggang turut memberikan citarasa yang berbeda dari masakan ayam lain.

Oseng-Oseng Mercon

Makanan ciri khas  asal Yogyakarta ini tentu Anda  pernah mencicipinya, pedas begitulah ciri khas rasanya. Sedangkan kata mercon yang berasal dari jenis kembang api berarti menggambarkan rasa pedas saat di santap. Rasa pedas tersebut menyatu dengan lezatnya isian yang berupa daging, kikil dan kulit sapi, sehingga akan menggugah selera siapa saja.

Berbagai wilayah daerah di Indonesia sudah cukup banyak yang menjual menu oseng-oseng mercon ini, keunikan yang juga menjadi daya tarik penjual menyediakan berbagai tingkat atau level kepedasannya, hal ini membuat konsumen penasaran. Tak sedikit pelaku bisnis kuliner menyediakan masakan ini sebagai menu utamanya .

Kue Balok

Berbisnis Kuliner dengan target konsumen dari kalangan anak muda yang nongkrong di malam hari memang cukup bisa menjanjikan keuntungan yang besar. Diantaranya berupa tempat usaha yang sederhana dan menu yang di tawarkan sejenis Kue balok dan berbagai minuman hangat seperti teh manis, kopi susu, dan sebagainya.

Rasa dari kudapan kue tradisional yang berasal dari jawa barat ini memang menjadi daya tarik tersendiri untuk disantap. Kue balok menjadikan menarik juga tidak lepas dari kreatifitas pelaku usahanya yang pandai memodifikasi makanan tradisional ini menjadi lebih unik, dengan memadukannya beserta bahan makanan lain seperti keju, coklat, susu, strawbery dan lain-lain.

Nasi Kucing

Nasi kucing sebetulnya terdiri dari beberapa jenis lauk didalamnya seperti tempe, tahu, ikan dan sambal, dan di sajikan dengan di bungkus daun. Di Jogja makanan ini cukup populer di pilih masyarakat. Yang menjadikannya menarik, makanan ini di jual dengan harga yang terjangkau semua kalangan, sehingga setiap saat terutama di malam hari lokasi penjuan nasi kucing ini tidak pernah sepi pelanggan.

Untuk di jalankan di kota lain, usaha makanan nasi kucing ini pun tentunya cukup bisa berpotensi ramai di kunjungi juga. salah satu syaratnya selain harga yang di tawarkan haruslah murah juga kita harus pandai memasak aneka lauk pauknya dengan lezat.

Itulah beberapa makanan tradisional terkenal dari berbagai daerah yang mudah-mudahan saja bisa menginspirasi kita semua untuk menjalankan usaha di bidang kuliner sehingga bisa menguntungkan. Selamat Mencoba….

Diatas adalah sebagian contoh ide bisnis makanan tradisional. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan bisa menjadi referensi untuk pembaca yang ingin membuka usaha dan bisnis dibidang kuliner.

#Ide #bisnis #makanan #tradisional #yang #laris

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik