Kapan Sekolah Dibuka kembali? – detikinfo.megazio.com

Kapan Sekolah Dibuka kembali? – detikinfo.megazio.com
detikinfo.megazio.com

detikinfo.megazio.com.com – Seperti diketahui, pandemi Covid-19 merupakan masalah baru yang telah mengubah kehidupan masyarakat dunia saat ini. Terutama saat penyebaran virus Corona meluas ke berbagai negara dunia, aktivitas manusia kian dibatasi untuk mencegah penularan di masyarakat.

Mulai dari kegiatan ekonomi, politik, sosial, hingga kegiatan sehari-hari yang melibatkan pertemuan terpaksa dihentikan. Sehingga masyarakat dianjurkan untuk lebih banyak melakukan aktivitas dari rumah.

Perubahan kebiasaan akibat pandemi ini juga terjadi di bidang pendidikan. Di mana kegiatan sekolah tatap muka yang dilakukan seperti sebelumnya harus ditiadakan. Berbagai negara, termasuk Indonesia kemudian menerapkan sistem belajar jarak jauh berbasis daring untuk mencegah adanya kerumunan yang berisiko meningkatkan kasus penularan virus. Dengan metode ini, kegiatan belajar mengajar masih dapat dilakukan dengan baik meskipun berbeda.

Sejak dimulai pada awal Maret, program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) masih berlangsung hingga saat ini. Namun ternyata tidak sedikit kendala yang muncul selama program ini berjalan. Mulai dari kendala alat dan teknologi yang belum memenuhi hingga kondisi siswa di rumah yang berbeda-beda.

Kini, pemberian vaksin yang sudah mulai dilakukan di Indonesia menjadi angin segar untuk segera memulihkan berbagai kegiatan di tengah pandemi. Dalam hal ini, Mendikbud Nadiem Makarim mewacanakan proses pembelajaran tatap muka di sekolah maupun kampus pada tahun ajaran baru Juli 2021 mendatang.

Namun, wacana ini masih menuai pro dan kontra dari berbagai pihak. Dilansir dari Liputan6.com, berikut kami merangkum penjelasan mengenai rencana kapan sekolah dibuka kembali tahun 2021 dan berbagai persiapan dan informasi penting lainnya yang perlu Anda ketahui.

Seperti diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim tengah berwacana untuk kembali membuka pembelajaran tatap muka selama pandemi. Hal ini bersamaan dengan program pemberian vaksin yang sudah mulai dilakukan di Indonesia. Di mana guru yang termasuk pekerja pelayanan publik mendapatkan prioritas vaksinasi tahap kedua yang tengah berjalan kini.

Sebelumnya, proses pembelajaran di Indonesia dilakukan secara jarak jauh berbasis daring di awal kasus pandemi yang mulai merebak. Setelah berjalan hingga satu tahun lebih, ditemukan berbagai macam kendala dalam program PJJ yang dilakukan selama pandemi ini. Dalam hal ini, keterbatasan teknologi dan berbagai kondisi siswa di rumah yang beragam menjadi hambatan tersendiri sehingga program PJJ tidak dapat berjalan secara optimal.

Tidak semua siswa memiliki akses teknologi digital untuk mengikuti pembelajaran daging. Ada siswa yang tidak memiliki ponsel pintar, keterbatasan ekonomi sehingga pembelian kuota internet menjadi masalah, hingga daerah-daerah terpencil di Indonesia yang sulit mendapatkan sinyal bahkan belum dialiri listrik. Beberapa hal inilah yang sering kali menghambat para pelajar dalam melaksanakan program PJJ selama pandemi. Tentu ini telah menjadi catatan penting bagi Kementerian pendidikan dalam mengatasi masalah yang ada.

Setelah lebih dari satu tahun program PJJ berjalan di Indonesia, sebagian masyarakat atau pelajar mungkin bertanya-tanya kapan sekolah dibuka kembali seperti semula. Hal ini pun telah dijawab oleh Mendikbud Nadiem Makarim yang memberikan pernyataan pada awal Maret lalu. Dilansir dari Liputan6.com, Nadiem menjelaskan bahwa pemerintah telah mewacanakan proses pembelajaran tatap muka di sekolah dan kampus mulai ajaran baru pada Juli 2021 Mendatang.

Dalam hal ini, Nadiem juga menjelaskan bahwa wacana tersebut diadakan mengingat saat ini program vaksinasi sudah mulai dilakukan di Indonesia. Di mana guru yang termasuk pekerja pelayanan publik menjadi salah satu prioritas dalam pemberian vaksin untuk menekan penyebaran virus corona.

“Semua guru dan dosen, 5 juta lebih dari mereka harapannya Insya Allah akan divaksinasi sampai dengan akhir bulan Juni, sehingga tahun ajaran baru semua sekolah memulai proses tatap muka walaupun dengan tahap terbatas,” kata Nadiem dalam siaran daring, Senin, 1 Maret 2021, seperti dikutip dari Liputan6.com.

#Kapan #Sekolah #Dibuka #kembali #detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *