Keutamaan dan manfaat: Doa Niat Puasa Senin Kamis

Niat melakukan puasa Senin-Kamis tentu saja bernilai ibadah, meskipun puasa Senin Kamis adalah puasa sunah, tetapi puasa ini istimewa karena sering dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Puasa merupakan menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari.

Puasa sering diartikan sebagai menahan hawa emosi atau nafsu kita, bukan melulu tentang menahan lapar dan haus saja, tetapi juga memaknai rasa syukur atas rezeki yang Allah SWT berikan.

Terdapat beberapa hal yang menjelaskan bahwa puasa senin dan kamis dikatagorikan puasa sunnah sebab, salah satunya hari tersebut tepat di hari senin merupakan hari Rasulluah SAW dilahirkan.

Maka dari itu sudah sepantasnya kita sebagai umat nabi Muhammad SAW melaksanakan apa yang disunahkan seperti melakukan puasa senin dan kamis
.

Dalam hadits riwayat Al Khatib, Muslim, Abu Daud, Nasa’i, At-Tirmidzi, dan Ibnu Hibban, “Pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis.

Maka diampuni dalam kedua hari itu setiap hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun, kecuali orang yang di antaranya dan saudaranya terdapat permusuhan.

Kemudian dikatakan, lihatkah kedua orang ini hingga keduanya berdamai.”

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang juga dilakukan oleh Rosulullah.

Seperti firman-Nya “Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan itu akan dilipatgandakan sebanyak 10 kali lipat.” (HR. Bukhari dan Abu Daud).

Niat Puasa: ” Nawaitu shouma ghadin yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa besok hari Senin sunah karena Allah Ta’ala.”

You May Also Like

About the Author: detik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.