Kominfo Luncurkan Program HUB.ID Guna Mendukung Kemajuan StartUp Indonesia

Kominfo Luncurkan Program HUB.ID Guna Mendukung Kemajuan StartUp Indonesia
detikinfo.megazio.com

Kominfo Luncurkan Program HUB.ID Guna Mendukung Kemajuan StartUp Indonesia

detikinfo.megazio.com – Kata StartUp menjadi kata yang sudah tidak asing lagi di dengar dikalangan masyarakat, termasuk masyarakat umum.

StartUp semdiri memiliki arti kata dalam bahasa inggris yaitu rintisan, sehingga dapat diartikan secara luas dalam bidang company bahwa pengertian StartUp yaitu perusahaan yang sedang dirintis dan masih berada pada tahap perkembangan dan penelitian untuk bisa menemukan target pasar yang tepat sasaran.

Banyaknya jumlah perusahaan atau bisnis StartUp sudah semakin meningkat seiring bertambahnya teknologi.

Bisnis StartUp cenderung menggunakan ide ide baru yang bisa memberikan solusi dari masalah yang dimiliki pelanggan dan bisnis ini juga diharapkan dapat berkembang dan memperoleh banyak pasar sehingga bisa menjadi perusahaan yang besar.

Kementerian Komunikasi dam Informatika (Kominfo) mengeluarkan program yang berupa matchmaking untuk mendukung kemajuan StartUp di Indonesia yaitu HUB.ID.

Yang dibuka pendaftarannya pada 28 Juli hingga 14 Agustus. Program baru HUB.ID bisa memberikan tempat untuk StartUp di Indonesia agar bisa mendapatkan akses pendanaan, kerja sama bisnis, dan jenis kemitraan lainnya.

Program ini nantinya akan berlangsung melalui beberapa rangkaian proses seperti speed mentoring, business matchmaking, networking session, dan Demo Day, keempat proses tersebut tentunya akan memaksimalkan program HUB.ID.

Program ini juga menjadi wujud konsistensi perhatian dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada StartUp dengan melalui serangkaian program pengembangan ekosistem #StartUpDigital yang telah didahului oleh beberapa program sebelumnya.

Program tersebut diawali dengan Kelas Beta, pada kelas ini akan diberikan pengetahuan dan keahlian dasar mengenai dunia StartUp. Program yang selanjutnya adalah program 1000 StartUp, tujuan dari program ini adalah mencari dan mengkurasi ide kreatif untuk membuat produk yang inovatif.

Kemudian dilanjutkan dengan program StartUp Studio, pada program ini para pendiri StartUp akan diberisesi mentoring secara intensif dengan tujuan mempersiapkan wawasan, kemampuan teknik dan mental yang diharapkan mampu menghadapi dunia StartUp dinamis dan bisa mengembangkan produk menurut kebutuhan dari pelanggan.

Semuel Abrijani sebagai Direktur Jendral Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo mengatakan bahwa melalui program HUB.ID mereka ingin melaksanakannya secara konsisten yang bisa terus menumbuhkan inisiatif inisiatif yang mendorong bertumbuh dan berkembangnya ekosistem StartUp Digital yang mandiri dan bisa  menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Sasaran dari program ini yaitu 50 StartUp Digital yang sudah siap dengan strategi bisnis yang dimiliki dan bisnisnya sudab berjalan selama lebih dari 6 bulan, yang artinya StartUp tersebut sudah memiliki traction dan produknya sudah digunakan, hal ini seperti yang sudah dijelaskan oleh Plt.

Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo. Dia juga menambahkan pernyataan bahwa program ini memiliki 7 fokus yang akan dibidik yaitu Pertanian dan Kemaritiman, Kesehatan, Logistik, Pariwisata, Pendidikan, Keuangan, dan Smart City.

Dan untuk fokus utama program ini yaitu pelaksanaa Business MatchMaking yang berupa kegiatan mempertemukan StartUp dengan BUMN, Korporasi Swasta, dan Institusi Pemerintah yang telah dikurasi sehingga sesuai dengan sektor vertikal StartUp.

Kementerian Kominfo juga memiliki harapan agar program HUB.ID dalat berjalan rutin setiap tahun agar dapat menjaga kelangsungan bisnis dan investasi StartUp.

#Kominfo #Luncurkan #Program #HUBID #Guna #Mendukung #Kemajuan #StartUp #Indonesia

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik