Penerapan Sifat Koligatif Larutan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Penerapan Sifat Koligatif Larutan Dalam Kehidupan Sehari Hari – Ganti bahasa Tutup menu Ganti bahasa English Español Português Deutsch Français Русский Italiano Română Indonesian (dipilih) Informasi lebih lanjut dimuat Memuat… Tutup menu pengaturan pengguna Selamat datang di Scribd! Indeks Bahasa () Fasilitas Scribd Baca FAQ gratis dan dukungan login kami

Lewati Korsel Korsel Sebelumnya Korsel Berikutnya Apa itu Scribd? eBuku Buku Audio Majalah Podcast Lembaran Musik (Terpilih) Jepretan Jelajahi eBuku Kategori Penjual Terlaris Pilihan Editor Semua eBuku Fiksi Kontemporer Fiksi Agama & Spiritualitas Perbaikan Diri Pemandangan Rumah & Taman Fiksi Misteri, Hiburan & Kejahatan, Sejarah Alam & Supranatural , sastra supernatural Misteri & Thriller Supernatural Fiksi Ilmiah & Fantasi Fiksi Ilmiah Dystopia Karir & Pengembangan Karir Manajemen Biografi & Memoar Petualangan & Penjelajah Sejarah Agama & Spiritualitas Inspirasi Zaman Baru & Spiritualitas Semua Kategori Telusuri Majalah Kategori Pilihan Editor N Bisnis Majalah Baru Keuangan Hiburan & Manajemen Uang Keuangan Pribadi Karir & Pertumbuhan Manajemen Bisnis Perencanaan Strategis Olah Raga & Rekreasi Hewan Peliharaan Permainan & Aktivitas Permainan Veo Kesehatan Latihan & Kebugaran Memasak, Makanan & Anggur Rumah & Kebun Kerajinan & Hobi Semua Kategori Jelajahi Podcast Podcast Semua Kategori & Kerohanian Berita Hiburan Berita Misteri, Hiburan & Kejahatan Kejahatan Sejati Sejarah Politik Ilmu Sosial Semua Kategori Genre Klasik Country Folk Jazz & Musik Pop & Rock Agama & Perayaan Instrumen Standar Drum Kuningan & Perkusi Gitar, Bass & Senar senar piano vokal Tingkat Kesulitan Pemula Menengah Lanjut Jelajahi Dokumen Kategori Dokumen Akademik Template Bisnis Dokumen Pengadilan Semua Dokumen Olahraga & Rekreasi Bersepeda Latihan & Pelatihan & Spiritualitas Yudaisme Kristen Usia & Spiritualitas Baru Ita Buddha & Seni Kesehatan Seni Islami Bentuk Tubuh Semangat Penurunan Berat Badan Pengembangan Diri Teknologi & Politik Rekayasa Kebijakan Politik Semua kategori

Penerapan Sifat Koligatif Larutan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Sifat koligatif khususnya penurunan titik beku dan tekanan osmotik sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Titik goncangan tertentu dapat diturunkan dengan obat untuk menopang kehidupan di musim dingin. Penerapan tekanan osmotik dapat ditemukan di alam, kedokteran, dan ilmu biologi.

Empat Jenis Sifat Koligatif Larutan Dan Penjelasannya

Laut Mati adalah contoh pelepasan tekanan uap dari zat terlarut yang tidak mudah menguap. Air yang sangat asin ini terdapat di daerah gurun terpanas dan terkering serta tidak terhubung dengan laut lepas, sehingga memiliki konsentrasi zat terlarut yang lebih tinggi. Berenang di Laut Mati tidak akan menenggelamkan Anda, karena konsentrasi zat terlarutnya sangat tinggi. Penerapan prinsip yang sama dengan Laut Mati dapat ditemukan di beberapa fasilitas wisata Indonesia berupa kolam renang.

C. Pendingin digunakan di pabrik es, termasuk pembuatan es putar. Pendingin diproduksi dengan melarutkan berbagai garam dalam air.

Di iklim dingin, etilen glikol biasanya ditambahkan ke air radiator. Di iklim dingin, air radiator mudah membeku. Jika kondisi ini dibiarkan, maka radiator kendaraan akan cepat rusak. Menambahkan etilen glikol ke air yang dibuang menurunkan titik beku air yang dibuang, artinya air tidak mudah membeku.

Hewan yang hidup di iklim dingin, seperti beruang kutub, menggunakan prinsip sifat koligatif penurunan titik beku untuk bertahan hidup. Darah ikan laut mengandung zat antibeku yang dapat menurunkan titik beku air menjadi 0,8

Bahan Ajar Sifat Koligatif

C, karena mengandung antibeku, dapat mencegah pembentukan kristal pada jaringan dan sel. Hewan lain yang tubuhnya mengandung antibeku antara lain serangga, amfibi, dan nematoda.

Di negara-negara yang mengalami musim dingin, saat turun salju, jalanan dipenuhi salju dan es. Tentu saja hal ini membuat berkendara menjadi sulit. Untuk menghilangkannya, jalanan bersalju ditaburi dengan campuran garam NaCl dan CaCl

. Garam bisa melelehkan salju. Semakin banyak garam yang Anda taburkan, semakin banyak salju yang akan mencair.

Pengukuran sifat koligatif larutan dapat digunakan untuk menentukan berat molekul relatif zat terlarut. Hal ini dimungkinkan karena sifat koligatif bergantung pada asosiasi zat terlarut.

Kumpulan Contoh Soal Tekanan Osmosis

Larutan dengan tekanan osmotik yang sama disebut isotonik. Larutan dengan tekanan osmotik lebih rendah daripada larutan lain disebut hipotonik. Sedangkan larutan yang tekanan osmotiknya lebih tinggi dari larutan lainnya disebut hipertonik. Contoh larutan isotonik adalah cairan intravena yang dimasukkan ke dalam aliran darah. Cairan infus harus isotonik dengan cairan intraseluler untuk mencegah osmosis masuk dan keluar sel darah. Sehingga sel darah tidak rusak.

Pasien dengan gagal ginjal harus menjalani dialisis terapeutik. Terapi menggunakan dialisis, suatu proses di mana molekul kecil seperti urea dilewatkan melalui membran semipermeabel ke dalam cairan lain dan kemudian dikeluarkan. Molekul besar seperti protein tidak dapat melewati membran, sehingga tetap berada di dalam darah.

Sebelum lemari es ditemukan untuk mengawetkan makanan, garam meja digunakan untuk mengawetkan makanan. Garam dapat membunuh mikroba penyebab pembusukan makanan pada permukaan makanan.

Garam meja dapat membunuh hewan lunak seperti lintah. Hal ini dikarenakan garam yang ditaburkan di permukaan tubuh lintah dapat menyerap air yang ada di dalam tubuh, sehingga lintah kekurangan tubuh lintah.

Sifat Koloid Dapat Diterapkan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Tumbuhan membutuhkan air dari tanah. Air dikonsumsi oleh akar. Tumbuhan mengandung zat-zat terlarut sedemikian rupa sehingga konsentrasinya lebih besar daripada air di sekitar tumbuhan, sehingga air yang ada di dalam tanah dapat diserap oleh tumbuhan.

Reverse osmosis adalah aliran pelarut dari larutan ke pelarut atau dari larutan yang lebih padat ke larutan yang lebih tipis. Reverse osmosis terjadi ketika tekanan osmotik larutan lebih tinggi. Reverse osmosis digunakan untuk menghasilkan air murni. Menerapkan tekanan lebih besar dari tekanan osmotik ke permukaan air laut memaksa air dari air asin ke air tawar melalui membran yang permeabel terhadap air tetapi tidak untuk ion di laut. Tanpa tekanan yang memadai, otomatis air akan berubah dari air bersih menjadi air asin. Aplikasi lain dari reverse osmosis adalah menghilangkan zat beracun dari air limbah sebelum memasuki lingkungan.

Kegunaan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari hari, penerapan sifat koloid dalam kehidupan sehari hari, penerapan larutan penyangga dalam kehidupan sehari hari, aplikasi sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari hari, pemanfaatan sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari hari, aplikasi sifat koligatif dalam kehidupan sehari hari, sifat koligatif dalam kehidupan sehari hari, sifat koligatif larutan ruangguru, sifat koligatif larutan dalam kehidupan, contoh penerapan sifat koligatif dalam kehidupan sehari hari, penerapan sifat koligatif larutan, sifat koligatif larutan dalam kehidupan sehari hari

You May Also Like

About the Author: detik