Pengertian Reksadana, Jenis dan Keuntungannya

Pengertian Reksadana, Jenis dan Keuntungannya
tong.detikinfo.megazio.com.com

Tong.detikinfo.megazio.com.com – Hallo sobat, jumpa lagi bersama admin yang pada kesempatan ini akan membahas tentang seputar reksadana. Untuk penjelasannya lebih lengkapnya, simak dibawah ini.

Mungkin bagi sebagian orang sudah mengenal dengan istilah reksadana. Akan tetapi masih banyak orang awam yang bertanya-tanya tentang reksadana ini.

Oleh karena itu pada kesempatan ini admin akan berbagi informasi mengenai pengertian, jenis-jenis dan keuntungan yang bisa didapat dari reksadana.

Maka dari itu untuk mendapatkan informasinya silahkan simak pembahasannya hingga akhir ya sob. Karena ini adalah informasi yang mungkin akan membawa anda menuju sukses dimasa yang akan datang. Oke sobat, kita langsung saja kepada pembahasannya dibawah ini.

Pengertian Reksadana

Dikutif dari bareksa.com. Reksadana adalah salah satu wadah investasi bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang memiliki modal kecil atau pemodal yang tidak memiliki banyak waktu dan minim akan keahlian.

Intinya reksadana wadah yang dirancang untuk menghimpun dana dari masyarakat yang mempunyai modal dan berkeinginan untuk melakukan investasi, tetapi hanya memiliki waktu serta pengetahuan yang terbatas.

Baca Juga:

Dengan demikian, modal yang terdapat dalam reksa dana merupakan dana bersama pemodal yang kemudian dipercayakan pada pihak manajer investasi untuk mengelolanya.

Selain itu dengan adanya reksadana ini diharapkan bisa meningkatkan peran pemodal lokal untuk melakukan investasi di pasar modal Indonesia.

Jenis-Jenis Reksadana

Secara umum, jenis reksadana ini terbagi menjadi empat yaitu, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Untuk informasi lebih lanjutnya simak terus dibawah ini.

1. Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang adalah jenis reksadana yang melakukan aktivitas investasi pada jenis instrumen pasar uang dengan masa sudah ditetapkan kurang dari satu tahun.

2. Reksadana Pendapatan Tetap

Untuk reksadana jenis ini adalah reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya 80% dari aktivanya dalam bentuk efek utang atau obligasi.

3. Reksadana Campuran

Reksadana campuran adalah jenis reksadana yang mengalokasikan dana investasinya dalam portofolio yang beragam. Instrumen investasinya bisa berbentuk saham yang berkombinasi dengan obligasi, bertujuan untuk pertumbuhan harga dan pendapatan.

4. Reksadana Saham

Dan yang terakhir adalah reksadana saham, jenis reksadana yang menginvestasikan sekurang-kurangnya sekitar 80% dari aktivanya dalam bentuk efek bersifat ekuitas, bertujuan untuk pertumbuhan harga saham atau unit berjangka panjang.

Keuntungan Reksadana

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas, ada banyak peluang keuntungan yang bisa didapat dari investasi reksadana ini. Yakni, investor dapat melakukan investasi tanpa harus memiliki modal yang besar serta keahlian yang menonjol. Aktivitas berinvestasi reksadana ini bisa dilakukan dengan modal kecil asal ada kemauan walau minim pengetahuan sekalipun.

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa admin sampaikan terkait judul diatas, semoga informasi dari artikel ini bisa bermanfaat untuk semuanya.

#Pengertian #Reksadana #Jenis #dan #Keuntungannya

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik