Ranking Processor Smartphone terbaik April 2021

Ranking Processor Smartphone terbaik April 2021
detikinfo.megazio.com

rangkin processor smartphone

detikinfo.megazio.com – Tingginya pertumbuhan pengguna smartphone di Indonesia dan dunia, membuat industri Processor Smartphone harus cerdik dalam melakukan penyesuaian pasar. Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini hampir semua orang memiliki smartphone untuk keperluan mereka dalam berbisnis dan juga beraktivitas sehari-hari.

Processor smartphone selalu dijadikan pertimbangan utama ketika seseorang ingin membeli hp baru. Ini karena processor menjadi pusat dari pemrosesan data yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan proses data atau lebih mudahnya bisa kita sebut “Processor mempengaruhi smartphone kencang atau lemot”.

Saat ini ada beberapa produsen processor yang terkenal, seperti Apple bionic SoC, Qualcomm Snapdragon SoCs, MediaTek Helio SoCs, HiSilicon SoCs, Samsung Exynos SoCs dan masih banyak lagi.

Hanya Apple saja yang menggunakan processor buatan mereka sendiri untuk hanphone IOS yang di produksi. Ini membuktikan bahwa Apple mampu berdiri dan mampu menjadi trendsetter di saat industri smartphone membutuhkan update.

Ranking processor berdasarkan peformance April 2021

Berikut ranking processor berdasarkan peformance pada sebuah smartphone menurut admin mulai dari rangking paling baik

1. A14 Bionic (Apple)

Apple memang tidak pernah memvonis bahwa hp yang mereka usung adalah hp gaming, tetapi peforma yang diberika Apple ketika merilis produk baru, selalu memililki peformance yang sangat nyaman untuk para gamer.

Apple A14 Bionic adalah processor versi terbaru yang diluncurkan pada tanggal 15 September 2020 dan masih diproduksi hingga sekarang ini. Peforma dari processor A14 bionic berkisar antar 1,8GHz hingga 3,1 GHz dengan ukuran 5 nm.

A14 Bionic memiliki 6 CPU Core dengan manufaktur 64 bit rancangan Apple yang mana ada 2 Core yang memiliki kinerja sangat tinggi dan 4 Core memiliki kinerja hemat energi dan processor ini adalah sebagai implementasi ARMv8.

Kinerja pemrosesan grafis A14 lebih cepat 30% daripada pendahulunya , yaitu A12. Produk yang ditanamkan processor ini adalah iPad Air 2020, iPhone 12 , iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

2. Exynos 2100 (Samsung)

Ini adalah processor paling kencang dari Exynos yang dikembangkan oleh Samsung. Exynos 2100 merupakan processor samsung dengana arsitektur 5nm dan memiliki 6MB System cache.

Processor ini memiliki 1 Core berkinerja sangat tinggi, 3 Core berkinerja tinggi dan 4 Core berkinerja hemat daya. GPU yang ditanamkan pada processor Exynos 2100 adalah Mali G78 yang mana memiliki peforma lebih bagus sebesar 40% daripada pendahulunya.

Selain itu, Exynos 2100 milik samsung ini juga mendukung koneksi 5G dimana kecepatan download maksimal adalah 5100 Mbps dan kecepatan upload maksimal adalah 1920 Mbps.

Processor ini adalah yang terbaik dari samsung pada Quartal pertama tahun 2021 ini, dan hingga saat ini masih dikembangkan. Samsung Galaxy S21 Ultra, Samsung Galaxy S21+, semua keluarga Samsung Galaxy S21 menggunakan processor ini.

3. Snapdragon 888 5G

CPU paling kencang dari Snapdragon hingga April 2021 adalah Snapdragon 888 5G. Produk ini diumumkan sejak 5 bulan lalu, tepatnya pada tanggal 1 Desember 2020.

Ukuran inti dari procesor ini adalah 5nm yang mana processor ini mampu menampung RAM 16GB LPDDR5 sehingga peformance dari HP yang mengadopsi processor ini bisa dipastikan akan sangat kencang. Selain itu processor ini juga mendukung Quick Charge 5 dengan daya 100W+ dan juga support UFS 3.1.

GPU yang disematkan oleh Snapdragon adalah Adreno 660 dengan API Support : OpenGL ES 3.2, OpenCLTM 2.0FP , Vulkan 1.1. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, GPU ini memiliki peforma 35% lebih bagus dan 20% lebih efisien pada power manajemennya.

Anda bisa merasakan HDR Gaming dan bahkan display 4K pada 60Hz refresh rate. Sungguh menjadikan pengalaman yang luar biasa dikelas smartphone.

Tentu saja tidak mau ketinggalan dengan manufaktur lain, Snapdragon 888 5G sudah mendukung koneksi 5G.

Itulah beberapa processor yang sedang menjadi raja di Antutu saat ini. Selain processor, kita juga bisa memperhatikan spesifikasi RAM yang juga berpengaruh terhadap prforma handphone walaupun sangat tipis.

#Ranking #Processor #Smartphone #terbaik #April

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik