Resep Bubur Merah Putih Yang Enak Ala Rumahan

Resep Bubur Merah Putih Yang Enak Ala Rumahan
detikinfo.megazio.com

detikinfo.megazio.com hai sahabat media kembali lagi bersama admin. Kali ini admin akan berbagi informasi mengenai resep bubur merah. Untuk informasi selengkapnya mari simak artikel di bawah ini secara seksama.

Resep bubur merah putih ini selalu hadir menyertai penyambutan kelahiran anak di keluarga jawa. Adanya bubur dua warna dalam perayaan tersebut adalah sebagai ucapan syukur atas kelahiran anak dalam keluarga. Tersaji dalam wadah daun pisang berbentuk persegi, bubur merah dan bubur putih yang di sajikan berdampingan. Ini berarti bahwa seorang bayi telah lahir hadir berkat bibit dari ayah (bubur putih) dan ibu (bubur merah).

Meski sesungguhnya warnanya tidak merah namun kecoklatan, bubur ini sebetulnya hanya di beri cita rasa gula merah dan di masak bersama santan. Bubur nasi di pilih karena padi merupakan produk pertanian yang sanagt akrab dengan masyarakat jawa. Bubur yang bertekstur halus ini melambangkan harapan bahwa nantinya kehidupan sang bayi akan berjalan mulus, manis, memiliki keberanian (merah) dan selalu berjalan di jalan kehidupan yang suci (putih).

Resep bubur merah putih ini cocok bagi kamu yang baru saja melahirkan. Ataupun saat ada sahabat dan keluarga yang baru kedatangan anggota kluarga baru

Berikut resep bubur merah putih yang enak ala rumahan

Bahan:

  • 200 gram beras
  • 200 gram bras ketan
  • 200 gram gula merah
  • 200 ml air
  • Daun pandan secukupnya
  • 1 liter santan
  • 1500 air
  • Gula pasir secukupnya

Bahan kuah santan:

  • 400 ml santan kental
  • 5 gram garam
  • 10 gram tepung kanji
  • Daun pandan secukupnya

Cara membuat bubur merah putih:

1. Pertama campur beras ketan dan beras di baskom, rendam dengan air semalaman. Taruh gula merah 200 ml dan tuang air 200 ml di panci didihkan sampai tercampur rata kemudian sisihkan.

2. Panaskan air 1500 ml di tambah daun pandan sampai mendidih lalu masukan beras dan ketan. Aduk-aduk terus sampai 3/4 matang tuang santan 1 liter aduk-aduk terus sampai menyatu atau matang.

3, Ambil setengahnya kemudian yang di panci tambah dengan air gula merah di atas. Aduk terus kemudian tambah gula pasir aduk-aduk sampai merata, angkat dan sisihkan

4. Langkah selanjutnya adalah membuat kuah santan. Santan kental campur tepung kanji, garam, dan daun pandan panaskan dan di aduk terus sampai tercampur dan mengental.

5. Siram bubur merah di amngkuk kemudian topingnya di tengah, siram kuah santan, kemudian langsung sajikan.

Penutup

Nah, demikian informasi yang admin bagikan mengenai Berikut resep bubur merah putih yang enak ala rumahan untuk sahabat media. Semoga dengan adanya artikel singkat ini dapat membantu dan bermanfaat. Jangan lupa kunjungi terus website kami detikinfo.megazio.com agar tidak ketinggalan informasi menarik lainnya.


Views:
54

#Resep #Bubur #Merah #Putih #Yang #Enak #Ala #Rumahan

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik