Sampah Antariksa Dapat Membahayakan Astronaut

Sampah Antariksa Dapat Membahayakan Astronaut
detikinfo.megazio.com

Sampah Antariksa Dapat Membahayakan Astronaut

detikinfo.megazio.com – Ketika kamu mendengar kata Astronaut maka kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan kata satu ini. Ketika mendengar kata astronaut, pasti kita langsung memikirkan seseorang yang bekerja di luar angkasa. Muungkin bagi sebagian orang tertarik dengan pekerjaan sebagai astronaut.

Hal ini dikarenakan menjadi astronaut terlihat dan terdengar unik dan luar biasa. Seorang astronaut dapat pergi ke luar angkasa dengan menaiki sebuah tumpangan yang canggih.

Meski terlihat keren dan menarik tapi menjadi astronaut tidaklah mudah. Seorang astronaut harus beradaptasi dengan keadaan yang baru.

Ketika sudah melewati atmosfer bumi maka gravitasi akan hilang dan harus terbiasa dengan keadaan tersebut. Selain itu seorang astronaut juga dapat menjumpai resiko bahaya di luar angkasa. Salah satu bahaya yang terjadi yaitu benturan dengan sampah antariksa.

Terdapat tujuh astronaut di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) yang terpaksa untuk berlindung di pesawat transportasi luar angkasa.

Hal itu dikarenakan saat itu stasiun tersebut melintasi puing-puing sampah antariksa. Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) terus melewati puing-puing sampah antariksa setiap 90 menit sekali.

Puing-puing yang berada di luar angkasa itu berasal dari satelit Rusia yang hancur karena uji coba senjata anti satelit (ASAT) oleh negara Rusia.

Lebih dari 1.500 keping puing orbit yang dapat dilacak dan ratusan keping puing yang ukurannya lebih kecil dihasilkan dari uji coba tersebut.

Senjata anti satelit yang menghancurkan target mereka bisa menimbulkan resiko bahaya luar angkasa hal ini disampaikan oleh para ahli.

Bahaya itu dapat terjadi karena adanya awan pecahan yang dapat bertabrakan dengan objek lain sehingga bisa memicu adanya reaksi berantai proyektil lewat orbit bumi.

Seorang Astronaut NASA yang bernama Mark Vende Hei menyampaikan pada kontrol misi NASA di Johnson Space Center Texas bahwa dia berterimakasih untuk hari yang gila tapi terkoordinasi dengan baik, mereka sangat menghargai semua kesadaran situasional yang diberikan pada mereka.

Hal ini menandai akhir perjalanan astronaut saat check in di kontrol Misi NASA Texas.

Selama percakapan berlangsung pengendali misi memberitahu pada kru bahwa mereka memperoleh jadwal untuk semua lintasan puing puing yang akan terjadi sampai Hari Selasa (16/11).

Mereka juga menambahkan informasi pada kru bahwa awak harus terus menutup palka ke modul dari inti stasiun ruang angkasa selama lintasan.

Pada waktu sekitar 09.30 EST (1430 GMT), kondisi di stasiun ruang angkasa sudah kembali normal.

Hal tersebut dinyatakan oleh Perusahaan Negara untuk Kegiatan Antariksa Rusia, Roscosmos.

Pihak NASA, Roscosmos, dan mitra mereka melakukan pemantauan terhadapa batas keamanan di sekitar stasiun luar angkasa secara teratur. Pejabat stasiun juga melakukan manuver pada stasiun luar angksa demgan tujuan menghindari puing-puing sampah antariksa yang masuk dalam zona mereka.

Hal yang dilakukan tujuh astronaut yang berlindung di pesawat ruang angkasa itu merupakan prosedur standar stasiun ruang angkasa bagi astronaut jika terjadi keadaan darurat.

#Sampah #Antariksa #Dapat #Membahayakan #Astronaut

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik