Waktu Istirahat Tidur Yang Ideal Dan Bagus Untuk Kesehatan

Waktu Istirahat Tidur Yang Ideal Dan Bagus Untuk Kesehatan
detikinfo.megazio.com


Waktu Istirahat Tidur Yang Ideal Dan Bagus Untuk Kesehatan

detikinfo.megazio.com – Tidur merupakan kebutuhan dari setiap manusia yang wajib dipenuhi. Jika tidak, maka akan ada banyak gejala yang dirasakan oleh manusia tersebut seperti merasa pusing  susah untuk fokus atau bahkan mengamtuk di waktu yang tidak seharusnya.

Tentu hal ini bukan tanpa alasan, sebab tidur merupakan salah satu istirahat yang terbaik bagi tubuh karena bisa mengembalikan energi. Selain itu, dengan waktu istirahat tidur yang ideal  ini juga bisa menjaga berat badan lebih ideal, menurunkan stres hingga menjaga dan mendukung tumbuh kembang pada anak-anak.  Setiap manusia tentunya pasti membutuhkan istirahat agar tubuh dan pikirannya bisa kembali secara.

Namun meskipun tidur merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan bukan berarti anda berpikir untuk bisa tidur di setiap waktu tanpa memperhatikan kondisi atau bahkan dampak terhadap kesehatan.

Agar Anda tidak ceroboh atau mengalami dampak buruk karena tidur di waktu yang tidak tepat, maka di bawah ini akan disebutkan waktu istirahat tidur yang tepat dan ideal yang baik untuk kesehatan, khusunya yang berdasarkan pada usia.

Hal ini dikarenakan setiap manusia dengan rentang usia yang berbeda-beda pastinya memiliki kebutuhan waktu tidur masing-masing, seperti berikut ini.

1. Pada bayi yang memiliki usia 0 hingga 3 bulan setidaknya membutuhkan waktu istirahat tidur yang ideal sekitar 14 hingga 17 jam dalam sehari

2. Hal ini berbeda pada bayi yang memiliki usia 4 hingga 11 bulan karena mereka membutuhkan waktu tidurnya sekitar 12 hingga 15 jam perhari.

3. Sedangkan untuk bayi yang sudah berusia sekitar 1 hingga 2 tahun memiliki penurunan waktu tidur menjadi 11 hingga 14 jam dalam sehari

4. Kemudian untuk anak-anak prasekolah yang memiliki usia sekitar 3 hingga 5 tahun setidaknya membutuhkan waktu tidurnya sebanyak 10 hingga 13 jam dalam sehari.

5. Lalu untuk anak-anak dengan usia sekolah sekitar 6 hingga 13 tahun atau dalam masa-masa belajar di sekolah dasar yaitu membutuhkan waktu tidur sekitar 9 hingga 11 jam dalam sehari.

6. Semakin tua semakin berkurang pula waktu istirahat tidur yang ideal, karena pada usia remaja dengan rentang usia sekitar 14 hingga 17 tahun, mereka hanya membutuhkan waktu tidur sekitar 8 hingga 10 jam perhari.

7. Memasuki usia dewasa dengan tentang usia sekitar 18 hingga 25 tahun para pemuda-pemudi ini setidaknya membutuhkan waktu istirahat sekitar 7 hingga 9 jam dalam sehari.

8. Sedangkan untuk usia dewasa yang lebih lanjut yaitu dengan usia sekitar 26 hingga 64 tahun, setidaknya mereka membutuhkan waktu istirahat yang sama dengan para pemuda-pemudi yaitu sekitar 7 sampai 9 jam dalam sehari.

9. Yang terakhir yaitu lansia dengan usia diatas 65 tahun hanya membutuhkan waktu tidur sekitar 7 hingga 8 jam dalam sehari.

Demikianlah informasi seputar waktu istirahat tidur yang idealyang baik untuk kesehatan dan berdasarkan pada usia. Karena seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa semakin usia bertambah, maka semakin pula berkurang waktu tidur yang dibutuhkan oleh manusia.

Namun meskipun semakin berkurang, bukan berarti Anda harus mengurangi jatah tidur sekehendaknya tanpa memikirkan minimal waktu tidur dan dampaknya bagi kesehatan tubuh.

#Waktu #Istirahat #Tidur #Yang #Ideal #Dan #Bagus #Untuk #Kesehatan

visite: megazio.com – detikinfo.megazio.com

You May Also Like

About the Author: detik